PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN MELALUI MEDIA KARTU ANGKA PADA ANAK KELOMPOK A DI TK NEGERI PEMBINA BENGKAYANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pengenalan lambang bilangan pada anak Kelompok A TK Negeri Pembina Bengkayang melalui media kartu angka. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas yang menggunakan model Kammis dan Mc Taggart, dilakukan secara kolaborasi antara guru kelas dan peneliti. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi berbentuk checklist dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Ada beberapa langkah yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan pengenalan lambang bilangan pada anak Kelompok A sebagai berikut: 1) Guru mengenalkan dan menjelaskan media kartu angka pada anak; 2) Guru memberikan kegiatan pada anak; 3) Guru memberikan pertanyaan; 4) Anak maju di depan kelas untuk menunjukkan lambang bilangan. Kemampuan anak dalam mengenal lambang bilangan menggunakan media kartu pada Pra Tindakan memperoleh persentase 0% dan masih belum meningkat pada Siklus I dengan 0%, perkembangan meningkat pada Siklus II memperoleh persentase 40% dan meningkat kembali pada Siklus III dengan memperoleh persentase 100% sehinga melampaui kriteria keberhasilan yang diinginkan.
Kata Kunci: lambang bilangan, kartu angka, anak TK.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.