TINGKAT KETERAMPILAN SOSIAL ANAK TK KELOMPOK B DI GUGUS II KECAMATAN BERBAH, SLEMAN, YOGYAKARTA

Yuana Resmasari,

Abstract


Penelitian ini bertujuan  untuk mengetahui sejauh mana  keterampilan sosial anak TK  Kelompok B di Gugus

II Kecamatan Berbah, Sleman.  Penelitian ini fokus pada keterampilan sosial meliputi  keterampilan berkomunikasi,

menjadi  bagian  kelompok,   kerja  sama,  kontrol   diri,  empati  dan  tanggung   jawab.  Penelitian  ini   merupakan

penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun di TK Gugus II Kecataman Berbah

berjumlah 93  anak.  Teknik pengumpulan  data yang  digunakan adalah  observasi. Instrumen  dalam  penelitian ini

berupa  pedoman  observasi.  Analisis  data  menggunakan  teknik  analisis   deskriptif  kuantitatif.  Hasil  penelitian

menunjukkan bahwa  keterampilan sosial anak  usia 5-6  tahun di TK  Gugus II Kecataman  Berbah, Sleman  masuk

dalam tingkat  yang  sangat tinggi  karena mencakup  49 anak  dengan  persentasenya 53%;  kemudian pada  tingkat

yang tinggi berjumlah 30 anak dengan persentasenya 32%; tingkat sedang berjumlah 13 anak dengan persentasenya

14%; tingkat rendah berjumlah 1 anak dengan  persentasenya 1%; dan tingkat yang sangat rendah berjumlah 0 anak

dengan   persentasenya   0%.   Keluarga,  lingkungan,   dan   sekolah   memiliki   peran   penting   dalam   perolehan

keterampilan sosial anak yang sangat tinggi.

 

Kata kunci: keterampilan sosial, anak usia 5-6 tahun


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.