PENGEMBANGAN LAGU SEBAGAI MEDIA AUDIO PEMBELAJARAN PADA ANAK TK KELOMPOK B
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lagu sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pada anak kelompok B di TK. Jenis penelitian dan pengembangan ini mengadopsi model pengembangan model Borg and Gall (1989) yang meliputi: 1) penelitian dan pengumpulan informasi awal, 2) perencanaan, 3) pengembangan format produk awal, 4) uji coba lapangan awal. 5) revisi produk utama, 6) uji coba lapangan utama, dan 7) revisi produk akhir. Subjek penelitian ini adalah 32 anak kelompok B di TK PKK 46 Tunas Mekar Mrisi Bantul Yogyakarta. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket untuk validasi ahli materi dan ahli media, observasi dan wawancara. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penilaian akhir dari ahli materi mendapat jumlah nilai 4,62 berkriteria sangat baik dan penilaian ahli media memperoleh jumlah nilai 4,92 berkategori sangat baik. Hasil penilaian rerata skor keseluruan pada uji coba lapangan adalah 4,35 berkategori sangat baik. Sehingga Lagu sebagai audio media pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pada anak TK usia kelompok B.
Kata kunci: lagu, kualitas pembelajaran, anak TK B
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.