AKTIVITAS BERMUSIK ANAK TK B DI KELURAHAN DONOKERTO, TURI, SLEMAN, YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persentase aktivitas bermusik beserta faktor-faktor yang mempengaruhinya pada anak kelas TK B di Kelurahan Donokerto, Turi, Sleman, Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas TK B di Kelurahan Donokerto semester genap tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 90 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi menggunakan alat bantu berupa lembar pengamatan. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas mendengarkan musik 94,44 %, aktivitas menyanyi 91,11 % dan aktivitas bergerak sesuai iringan musik 91,11 %. Perolehan persentase aktivitas bermusik secara keseluruhan adalah 92,22 %. Sesuai pembagian kriteria penilaian yang mengacu pada teori yang dikembangkan oleh Acep Yoni, persentase aktivitas bermusik anak kelas TK B di Kelurahan Donokerto, Turi, Sleman, Yogyakarta masuk kategori sangat baik. Faktor pendukungnya adalah komponen pembelajaran yang memadai sedangkan faktor penghambatnya adalah motivasi internal anak serta pola asuh orang tua.
Kata kunci: aktivitas, bermusik, anak kelompok TK B
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.