PENGARUH POLA ASUH OTORITATIF TERHADAP PERILAKU KERJA SAMA DI TAMAN KANAK-KANAK
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui tingkat pola asuh otoritatif yang diterapkan oleh orang tua siswa, (2) mengetahui perilaku kerja sama siswa, (3) mengetahui pengaruh pola asuh otoritatif terhadap perilaku kerja sama siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode ex-post facto. Populasi penelitian adalah siswa di Taman Kanak-kanak yang ada di Kecamatan Panjatan Kabupaten Kulon Progo yaitu sebanyak 718 siswa. Sampel penelitian sebanyak 51 siswa, diambil berdasarkan teknik purposive sampling yaitu menggunakan berdasarkan nilai akreditasi sekolah A. Data dikumpulkan dengan angket dan lembar observasi. Pengujian validitas dengan judgement expert. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Sebanyak 71% anak memiliki perilaku kerja sama dengan kategori sedang, (2) Sebanyak 82% orang tua menerapkan pola asuh otoritatif, (3) terdapat pengaruh yang posistif dan signifikan antara pola asuh otoritatif dengan perilaku kerja sama (Y’ = -47,316 + 0,465X, sig :0,000).
Kata kunci: pola asuh, otoritatif, perilaku kerja sama.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.