HUBUNGAN POLA ASUH DEMOKRATIS DENGAN KEMANDIRIAN ANAK TK A GUGUS V MLATI DI KECAMATAN MLATI SLEMAN

Ayuningtyas Rosma Titisari,

Abstract


 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pola asuh demokratis orangtua, tingkat perkembangan kemandirian anak, serta mengetahui hubungan antara pola asuh demokratis orangtua dengan kemandirian anak TK Kelompok A Gugus V Mlati, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman.  Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif korelasional dengan subjek penelitian anak TK Kelompok A Gugus V Mlati yang terdiri dari tiga TK, yaitu TK Masyithoh, TK Pertiwi I dan TK Garuda III pada Semester Ganjil Tahun Ajaran 2018/2019 yang berjumlah 60 anak dan 60 orangtua/walimurid dari anak tersebut. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dengan instrumen berupa lembar observasi serta angket yang diberikan pada orangtua/walimurid. Teknik analisis yang digunakan adalah product moment. Hasil penelitian menunjukkan 59 orangtua menerapkan pola asuh demokratis sangat tinggi mencapai 98,33%. Hasil tingkat perkembangan kemandirian, 33 anak dikategorikan sangat baik dengan persentase mencapai 55%. Hubungan pola asuh demokratis terhadap kemandirian anak menunjukkan angka 0.326 yang berarti terdapat hubungan yang positif di TK A Gugus V Mlati Kecamatan Mlati Kabupaten Sleman. Di mana tingkat pola asuh demokratis dari orangtua sangat tinggi akan diikuti tingkat kemandirian anak yang sangat baik.

 

Kata kunci: pola asuh demokratis, kemandirian, anak TK A


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.