KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK TK KELOMPOK B DI GUGUS 1 KECAMATAN SEYEGAN SLEMAN

Adharina Dian Pertiwi,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan membaca permulaan pada anak TK
Kelompok B di Gugus 1 Kecamatan Seyegan Sleman Yogyakarta. Hal ini dilatar belakangi karena adanya
perbedaan kemampuan membaca permulaan pada anak TK Kelompok B. Jenis penelitian ini adalah
penelitian deskriptif kuantitatif, dengan menggunakan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah
anak TK Kelompok B di Gugus 1 Kecamatan Seyegan Sleman Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel
menggunakan cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Instrumen
penelitian menggunakan lembar observasi check list. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik
deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan membaca permulaan
pada anak TK Kelompok B di Gugus 1 Kecamatan Seyegan Sleman Yogyakarta termasuk dalam kategori
Berkembang Sesuai Harapan (BSH).

Kata kunci: kemampuan, membaca permulaan, kelompok B


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.