PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF (MENGENAL POLA ABCD-ABCD) MELALUI AKTIVITAS MERONCE PADA KELOMPOK B
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif (mengenal pola ABCD-ABCD). Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif dengan dua siklus. Subjek penelitian ini yaitu 17 anak Kelompok B terdiri dari 9 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik kuantitatif persentase. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini yaitu jika nilai rata-rata mencapai ≥80% atau kategori Berkembang Sangat Baik (BSB). Hasil dari penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa kemampuan kognitif (mengenal pola ABCD-ABCD) dapat ditingkatkan melalui aktivitas meronce yang dapat ditempuh dengan langkah-langkah yaitu menentukan tema kegiatan yang akan dilakukan. Kemudian, mempersiapkan alat dan bahan yang diperlukan untuk meronce. Selanjutnya, peneliti menjelaskan bahan-bahan serta langkah-langkah yang harus dilakukan ketika melakukan aktivitas meronce. Pada peningkatan kemampuan kognitif (mengenal pola ABCD-ABCD) melalui aktivitas meronce, dilakukan berdasarkan indikator warna, bentuk dan ukuran. Pemberian motivasi dan reward berupa tanda bintang yang digambarkan di papan tulis dapat menambah semangat anak untuk menyelesaikan tugas dengan baik.. Hal tersebut dibuktikan dengan meningkatnya kemampuan anak dari Pra Tindakan sebesar 46,07% meningkat pada Siklus I menjadi 49,66% dan meningkat kembali pada Siklus II menjadi 81,04%.
Kata Kunci: kemampuan kognitif, pola ABCD-ABC), meronce
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.