HUBUNGAN KETERAMPILAN BERCERITA GURU DENGAN CAPAIAN PERKEMBANGAN NILAI AGAMA DAN MORAL ANAK USIA 4-5
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara keterampilan bercerita guru dengan capaian perkembangan nilai agama dan moral anak usia 4-5 tahun. Penelitian ini didasari pada masalah yang ditemui yaitu anak berbicara kotor, berbicara dengan berteriak. Pada kegiatan yang lain anak masih belum mau berbagi kepada temannya, menghargai orang lain, dan kurang tanggungjawab. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik korelasi. Sampel dalam penelitian ini adalah anak usia 4-5 tahun dan guru kelas A di TK Kecamatan Pleret, berjumlah 27 anak dan 27 guru. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan purposive Sampling. Teknik pegumpulan data mengunakan angket. Analisis data menggunakan teknik korelasi kendalls tau. Hasil penelitian ini adalah adanya hubungan antara keterampilan bercerita guru dengan capaian perkembangan nilai agama dan moral anak usia 4-5 tahun. (r=0,979, p<0,05). Hubungan tersebut bersifat signifikan karena skor korelasi kendalls tau mendekati skor 1. Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan positif antara keterampilan bercerita guru dengan capaian perkembangan nilai agama dan moral.
Kata Kunci: Keterampilan bercerita guru, Nilai Agama dan Moral, anak
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.