EVALUASI BUKU BERGAMBAR DITINJAU DARI ASPEK BAHASA ANAK USIA DINI

Gifari Annisa Rohani,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi buku bergambar ditinjau dari aspek perkembangan bahasa. Aspek-aspek bahasa meliputi fonem, morfem, sintaksis, semantik dan pragmatik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian analisis konten. Objek penelitian adalah buku bergambar (picture book) seri Odong-odong Dongeng dengan 6 judul buku. Data penelitian diperoleh melalui observasi. Instrumen penelitian berupa checklist. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku bergambar memuat aspek-aspek bahasa: (1) fonem (fonetik): buku bergambar mampu mendorong anak untuk mengeluarkan bunyi-bunyian, mampu memaknai kata dan menggunakan prosodic features, (2) morfem (morfemik): buku bergambar mampu mendorong penggunaan kata secara bermakna, (3) sintaksis: buku bergambar  mendorong anak untuk menyusun kata-kata menjadi kalimat sesuai urutan yang tepat dan ekspresif, (4) semantik: buku bergambar mendorong anak membaca gambar, memperluas konsep, dan skemata, (5) pragmatik: buku bergambar mendorong anak menjadi komunikatif dan mampu menggunakan fungsi bahasa secara tepat. Dari kelima aspek bahasa tersebut, aspek yang paling menonjol adalah aspek semantik.

 

Kata kunci: evaluasi, buku bergambar, aspek perkembangan bahasa


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.