PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCE DI TK JOGJA KIDS PARK

Hanik Siti Marzuuqoh,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran berbasis multiple intelligence pada anak usia 4-6 tahun di TK Jogja Kids Park Yogyakarta. Penerapan yang dimaksud mengenai perencanaan, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi atau penilaian, faktor penghambat, dan fakor pendukung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru TK kemudian sebagai informan yaitu staff, kepala sekolah dan siswa. Sedang  teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dan direduksi sesuai dengan teknik interaktif  model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Berdasarkan hasil penelitian dapat peneliti simpulkan bahwa: 1) Guru mengobservasi kecerdasan jamak siswa, membuat rencana pembelajaran pada saat rapat setiap awal tahun yang didalamnya secara implisit terdapat stimulasi multiple inteligence siswa 2) Pelaksanaan  pembelajaran berbasis multiple intelligence distimulasi dalam 8 macam kecerdasan, 3) Penilaian dilakukan dengan pengamatan mengenai kecerdasan jamak (multiple intelligence) siswa yang kemudian diakumulasikan dalam catatan anekdot, penilaian harian, dan raport, 4) Faktor penghambat yaitu adanya rekayasa dalam dokumentasi pembelajaran sedangkan faktor pendukung yaitu ketersediaan sarana dan prasarana yang memadai dan pengajar yang sesuai dengan bidangnya.

 

Kata kunci: penerapan, multiple intelligence, anak usia 4-6 tahun


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.