MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBILANG (1-10) MENGGUNAKAN MEDIA KARTU BILANGAN PADA KELOMPOK A DI TK BHAKTI MANUNGGAL, KRATON, YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membilang (1-10) menggunakan media kartu bilangan pada anak kelompok A di TK Bhakti Manunggal, Kraton, Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif (Collaboration action research classroom) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah semua anak TK kelompok A berjumlah 13 anak. Objek penelitian adalah kemampuan membilang (1-10) menggunakan media kartu bilangan. Data penelitian diperoleh melalui observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Indikator yang digunakan adalah menyebutkan bilangan, mengenal lambang bilangan, dan mengenal knsep bilangan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membilang (1-10) pada kelompok A di TK Bhakti Manunggal. Hasil tersebut ditunjukkan dengan meningkatnya hasil rata- rata kemampuan membilang (1-10) kelompok A yang pada sebelum tindakan menunjukkan nilai 52, 56% meningkat menjadi 76, 18 % pada siklus 1 kemudian meningkat kembali pada siklus 2 menjadi 86, 11 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media kartu bilangan dapat meningkatkan kemampuan membilang (1-10) pada anak kelompok A.
Kata kunci : Kemampuan membilang, karrtu bilangan
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.