PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN DI KELOMPOK A TAMAN KANAK-KANAK ABA PENDOWO

Santi Kusuma Astuti,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran membaca permulaan di Kelompok A Taman Kanak-Kanak ABA Pendowo. Fokus penelitiannya meliputi perencanaan, pelaksanaan kegiatan, dan evaluasi hasil belajar membaca permulaan. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif.  Subjek penelitian meliputi dua guru kelas, kepala sekolah, dan siswa kelas A dengan rentang usia 4-5 tahun yang berjumlah tujuh belas anak. Objek penelitian yakni cara guru menyusun perencanaan, kegiatan pembelajaran membaca permulaan dan cara guru melakukan evaluasi hasil belajar membaca permulaan. Tempat penelitian di kelas A Taman Kanak-Kanak ABA Pendowo, Pendowoharjo, Sewon, Bantul, Yogyakarta. Metode pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif sesuai dengan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan; (1) perencanaan yang dilakukan guru dalam pembelajaran di Taman Kanak-Kanak ABA Pendowo menggunakan kurikulum KTSP. Guru tidak memasukkan kegiatan pembelajaran membaca dalam kegiatan rencana harian karena kegiatan pembelajaran membaca permulaan dilakukan secara implisit di akhir kegiatan belajar, (2) pelaksanaan kegiatan pembelajaran membaca permulaan di Kelompok A Taman Kanak-Kanak ABA Pendowo dilaksanakan dua kali dalam seminggu pada hari Rabu dan Kamis menggunakan media yakni buku AISM yang terdiri dari lima jilid dengan tingkat kesulitan yang berbeda. Anak satu persatu belajar membaca dibimbing oleh guru kelas sesuai dengan jilid yang dicapai anak. Guru dan anak duduk saling berhadapan dalam kegiatan pembelajaran membaca permulaan. Selama membaca, guru menyimak dan memberikan penguatan dalam bentuk membaca ulang jika anak membaca suku kata dengan bunyi yang tidak benar, (3) Guru dalam tahap evaluasi memberikan keterangan dalam bentuk tulisan “lanjut” dan “lagi ya” atau “ulangi” setelah anak selesai membaca buku AISM.

 

Kata kunci: pembelajaran, membaca permulaan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.