PROSES PEMBELAJARAN KEDISIPLINAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ABA SEMOYA BERBAH

Indiah Wahyu Liasari,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran kedisiplinan anak usia 5-6 tahun di TK ABA Semoya, Berbah, Sleman. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah 30 anak Kelompok B Usia 5-6 tahun, kepala sekolah TK ABA Semoya, 3 guru Kelompok B TK ABA Semoya. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis secara deskripsi kualitatif menggunakan model analisis interaktif. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan teknik. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat ditarik kesimpulan bahwa: 1) guru membuat perencanaan pembelajaran saat rapat rutin pada akhir semester; 2) guru mengembangkan kedisiplinan dengan metode pembiasaan, metode pemberian tugas, metode keteladanan, metode pemberian hukuman dan penghargaan, metode bercerita, dan metode bernyanyi; 3) penilaian pembelajaran yang digunakan adalah catatan perkembangan, hasil karya anak; 4) hambatan dalam proses pengembangan kedisiplinan anak usia 5-6 tahun di TK ABA Semoya adalah lingkungan keluarga dan perbedaan sikap disiplin dari guru; 5) solusi untuk mengatasi hambatannya yaitu dengan berkomunikasi dengan melaporkan kepada orangtua tentang kegiatan anak hari itu, guru dan seluruh warga sekolah harus sepakat untuk menerapkan kedisiplinan kepada anak.

 

Kata kunci : proses pembelajaran, kedisiplinan, anak usia 5-6 tahun.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.