PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL KATA MELALUI METODE PERMAINAN ULAR TANGGA KATA PADA ANAK KELOMPOK A TK SINAR MELATI I SARIHARJO NGAGLIK SLEMAN YOGYAKARTA

Intan Yuvitasari,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal kata melalui permainan ular tangga kata pada anak kelompok A TK Sinar Melati I Sariharjo. Penelitian ini merupakan jenis Penelitiaan Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian yaitu anak-anak kelompok A yang berjumlah 22 orang anak. Metode pengumpulan data yaitu observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskripsi kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode permainan ular tangga kata dapat meningkatan kemampuan mengenal kata. Pada saat dilakukan observasi pratindakan, kemampuan mengenal kata anak sebesar 41,66%. Pada Siklus I sebesar 60,21% meningkat 18,55%, dan pada Siklus II sebesar 80,55% meningkat 38,89%. Kemampuan mengenal kata meliputi anak sudah mampu menunjuk kata sesuai gambar/perintah, menyebut kata dengan membaca tulisan yang tertulis dan menyebutkan simbol-simbol dalam kata. Perolehan persentase tersebut menunjukkan bahwa kemampuan mengenal kata anak Kelompok A dengan kriteria baik telah mencapai indikator keberhasilan sebesar 76%. Langkah-langkah permainan ular tangga sehingga dapat meningkatkan kemampuan mengenal kata yaitu 1) guru menyiapkan media permainan ular tangga, dadu, pion, 2) anak-anak dikondisikan duduk melingkar di karpet lalu membagi dalam kelompok, 1 kelompok terdiri 5-6 anak, 3) guru menjelaskan dan memberi contoh permainan ular tangga, yaitu melempar dadu, menjalankan pion dan menyebutkan gambar dan kata yang tertera pada papan tempat pion berhenti, 4) selama bermain, guru memberikan penguatan dan motivasi berupa nasehat pada anak, 5) pemberian penghargaan berupa gambar bintang pada anak yang berkembang sesuai harapan, anak yang belum berkembang diberi nasehat untuk latihan lagi.

Kata kunci: kemampuan mengenal kata, permainan ular tangga


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.