KEMAMPUAN MEMBERI FEEDBACK DALAM KEGIATAN BERCERITA PADA GURU TK KELOMPOK B DI GUGUS TERPADU CUT MUTIA CILACAP

Inayatul Lathifah,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan memberi feedback dalam kegiatan bercerita
pada guru TK Kelompok B di Gugus Terpadu Cut Mutia Cilacap. Penelitian ini menggunakan pendekatan
deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 10 guru kelas di TK Kelompok B di Gugus Terpadu Cut Mutia.
Objek penelitiannya adalah kemampuan feedback. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan pedoman lembar observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Penelitian ini disajikan dalam bentuk laporan dan uraian, untuk kemudian disusun dalam bentuk hasil
penelitian deskriptif dengan model analisa interaktif. Data-data hasil penelitian diuji keabsahannya menggunakan
triangulasi data. Hasil penelitian kemampuan memberi feedback dalam kegiatan bercerita pada guru TK Kelompok
B di Gugus Terpadu Cut Mutia meliputi: (1) Cara memunculkan feedback melalui ungkapan spontan (100%),
penjelasan lisan (70%), dan peragaan (50%); (2) Jenis feedback berupa general (100%) dan specific (100%),
sementara bentuk feedback berupa reinforcement verbal dan nonverbal (100%) serta motivation (60%); (3)
Pemilihan kata berbentuk positif (100%) dan negatif (60%); (4) Bahasa yang digunakan adalah bahasa Indonesia
dan bahasa daerah (100%) sehingga mudah dipahami; (5) Waktu munculnya feedback di awal (90%), tengah
(90%), dan akhir cerita (100%); (6) Interaksi dilakukan dengan satu (30%) dan dua arah (100%); serta (7) Sasaran
feedback belum (70%) dan sudah menyeluruh (30%).


Kata kunci: feedback, kegiatan bercerita, guru TK.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.