PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP UKURAN MELALUI KEGIATAN BERMAIN PASIR MENGGUNAKAN NERACA SEDERHANA PADA KELOMPOK A RA NURUL UMMAH KARANGDUWET, MOJAYAN, KLATEN TENGAH

Friska Risky Septikasari,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep ukuran pada anak Kelompok A RA Nurul Ummah Karangduwet melalui kegiatan bermain pasir. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan yang ditetapkan pada penelitian ini adalah apabila pemahaman konsep ukuran melalui kegiatan bermain pasir mencapai kriteria baik atau sebesar 80%. Hasil observasi pemahaman anak mengenai konsep ukuran pada pra tindakan sebesar 32,2% dan mengalami peningkatan
18% pada Siklus I menjadi 50,2%. Berdasarkan hasil refleksi dilakukan perbaikan berupa menyederhanakan instruksi permainan dan menyebutkan hasil takaran menggunakan sebutan lain. Setelah dilakukan tindakan pada Siklus II pemahaman anak mengenai konsep ukuran mengalami peningkatan kembali sebesar 25,6% menjadi
85,8%. Tahapan bermain pasir yang dilakukan adalah melakukan perbandingan mengenai ukuran pasir, menimbang menggunakan neraca sederhana serta memecahkan permasalahan sederhana berupa menyeimbangkan posisi neraca
sederhana dan menambah takaran pada salah satu gelas lalu melihat kembali posisi neraca. Berdasarkan hasil
penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui kegiatan bermain pasir dapat meningkatkan pemahaman anak mengenai konsep ukuran pada Kelompok A RA Nurul Ummah Karangduwet.


Kata kunci: konsep ukuran, bermain pasir, Kelompok A


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.