IMPLEMENTASI PROGRAM ENGLISH LANGUAGE ENVIRONMENT DI TAMAN KANAK-KANAK PKBM LIFEWAY SLEMAN
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan implementasi program English language environment di TK PKBM Lifeway Sleman. Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan model analisis Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Perencanaan program ini telah dilakukan dengan mempersiapkan kurikulum, peserta didik, tenaga pendidikan dan fasilitas pendidikan. 2) Pengorganisasian program ini mencakup pelaksanaan kurikulum ACE, mengatur peserta didik dan tenaga pendidikan, pelaksanaan upaya-upaya meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris untuk staff dan pengadaan fasilitas pendidikan 3) Evaluasinya yaitu penggunaan bahasa Inggris sebagai bahasa berkomunikasi belum maksimal, WIFI susah terhubung di kelas TK A dan masih minimnya buku yang tepat di perpustakaan kelas TK B. 4) Faktor pendukung program ini adalah kurikulum Internasional, materi phonetic, fasilitas pendidikan lengkap dan upaya kepala sekolah meningktakan kemampuan bahasa Inggris para staff. Faktor penghambatnya adalah kepala sekolah mengalami keterbatasan dalam melakukan pengawasan program ini.
Kata kunci: Program, Language Environment, TK
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.