MENINGKATKAN KERJASAMA ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DI TK PKK GROGOLAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama anak usia 5-6 tahun melalui model pembelajaran kooperatif di TK PKK Grogolan. Kerjasama yang dinilai dalam penelitian ini yaitu tanggung jawab anak dalam menyelesaikan tugas kelompok, komunikasi, dan sikap saling membantu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif. Subjek penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun di TK PKK Grogolan yang berjumlah 20 anak. Objek penelitian adalah kerjasama anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif.Hasil penelitian menunjukan bahwa kerjasama anak meningkat melalui model pembelajaran kooperatif. Adapun langkah-langkah yang digunakan pada model pembelajaran kooperatif ini yaitu persiapan pembelajaran, guru membentuk kelompok, guru menyampaikan aturan main, guru menanyakan kembali kepada anak tentang aturan main yang telah disepakati, kegiatan pembelajaran kelompok, pemeriksaan terhadap hasil kegiatan kelompok, pemberian pertanyaan secara individu, dan evaluasi terhadap kegiatan yang telah dilaksanakan. Data peningkatan kemampuan kerjasama dapat dilihat dari hasil penilaian dimana rata-rata kemampuan kerjasama anak pada Pra Tindakan menunjukkan 41.25% menjadi 63.47% pada Siklus I dan terjadi peningkatan menjadi 82.08% pada Siklus II. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan kerjasama anak usia 5-6 tahun di TK PKK Grogolan.
Kata kunci: kerjasama, model pembelajaran kooperatif, anak.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.