UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK MELALUI PERMAINAN KOOPERATIF DI KELOMPOK A TK ISLAMIC CENTRE (IC) GUPPI IV SLEMAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan sosial anak Kelompok A TK IC GUPPI IV Sleman melalui penerapan permainan kooperatif. Adapun komponen keterampilan sosial yang menjadi fokus dalam penelitian ini meliputi, perilaku berbagi, sabar, dan kerjasama. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan model Kurt Lewin. Tempat penelitian di kelompok A TK IC GUPPI IV Sleman. Subjek penelitian ini berjumlah 18 anak yang terdiri dari 9 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dianggap berhasil jika 76% anak berada pada kriteria Berkembang Sesuai Harapan (BSH) dan Berkembang Sangat Baik (BSB). Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan sosial anak dapat meningkat melalui penerapan permainan kooperatif, yang dilakukan melalui langkah-langkah berikut: 1) guru mengkondisikan anak dan menjelaskan aturan permainan dan mencontohkan jalannya permainan, 2) guru memfasilitasi dan mengarahkan anak selama kegiatan bermain berlangsung, 3) guru menyampaikan evaluasi permainan yang telah diterapkan, dan 4) guru memberikan reward kepada kelompok yang mampu memunculkan per keterampilan sosial. Peningkatan dapat dilihat dari hasil Pra Tindakan sebesar 38,89%, meningkat pada Siklus I menjadi 66,66%, dan menjadi 100,00%pada Siklus II.
Kata kunci: keterampilan sosial, permainan kooperatif, anak
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.