HUBUNGAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN DAN PENGALAMAN MENGAJAR DENGAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TK

Deffa Lola Pitaloka,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan latar belakang pendidikan dan pengalaman mengajar dengan kompetensi profesional guru TK di Kecamatan Jatis, Bantul. Alasan melakukan penelitian berdasarkan data hasil UKG guru TK di Kecamatan Jetis, Bantul yang memiliki hasil kurang maksimal. Penelitian ini merupakan jenis korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian yang dilakukan melibatkan subjek sebanyak 68 responden guru dari 21 TK di Kecamatan Jetis, Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik instrumen berupa angket. Hasil data yang telah diperoleh dianalisis menggunakan model korelasi product moment dengan bantuan program SPSS. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat hubungan positif signifikan yang kuat (r=+0,619) antara latar belakang pendidikan dan kompetensi profesional guru TK. (2) Tidak ada hubungan positif signifikan (r= +0,123) antara pengalaman mengajar dan kompetensi profesional guru TK. (3) Terdapat hubungan positif signifikan yang kuat (r= +0,619) antara latar belakang pendidikan dan pengalaman mengajar dengan kompetensi profesional guru secara bersama-sama.

Kata Kunci: latar belakang pendidikan, pengalaman mengajar, kompetensi profesional guru


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.