UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN MELALUI KEGIATAN BERMAIN KARTU ANGKA PADA ANAK KELOMPOK A DI TK SETIA RINI, TITANG SUMBERAGUNG JETIS BANTUL
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan melalui kegiatan bermain kartu angka pada anak kelompok A di TK Setia Rini, Titang Sumberagung Jetis Bantul. Kemampuan kognitif yang diteliti meliputi mengenal lambang bilangan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru kelas. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan setiap siklusnya dilaksanakan tiga kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah anak TK Kelompok A yang berjumlah berjumlah 15 anak yang terdiri dari 10 anaklaki-lakidan 5 anakperempuan di TK Setia Rini.Teknikanalisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan kemampuan mengenal lambang bilangan setelah pembelajaran melalui kegiatan bermain kartu angka. persentase pencapaian anak dalam satu kelas untuk indikator anak menunjuk lambang bilangan pada pra siklus 50% (MB), siklus I 63,89% (BSH) dan siklus II 83,89% (BSB). Indikator membuat urutan 1-10 dengan benda pada pra siklus 45% (MB), siklus I 61,11% (BSH) dan siklus II 81,67% (BSB). Indikator menghubungkan atau memasangkan lambang bilangan dengan benda hingga 1-10 (anak tidak disuruh menulis) pada pra siklus 43,33% (MB), siklus I 58,33% (BSH) dan siklus II 75,56% (BSB).
Kata kunci: kemampuan mengenal lambang bilangan, bermain kartu angka
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.