UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK KASAR ANAK KELOMPOK B MELALUI SENAM IRAMA

Pahlita Ratri Ramadhani,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan motorik kasar anak Kelompok B melalui senam irama di TK ABA Sungapan, Tirtorahayu, Galur, Kulon Progo. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kolaboratif dan dilakukan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data berupa lembar observasi berbentuk checklist dan dokumentasi berupa gambar dan video. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dikatakan berhasil apabila sudah mencapai kriteria keberhasilan dengan rata-rata sebesar 76%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan motorik kasar anak saat Pratindakan sebesar 27,57%, di Siklus I meningkat menjadi 51,64%, dan di Siklus II menjadi 77,68%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa melalui senam irama dapat meningkatkan keterampilan motorik kasar anak.  Pemberian reward dan dorongan positif kepada anak juga dapat mempengaruhi tingkat pencapaian perkembangan motorik kasar anak. Pemilihan musik sebagai pengiring senam irama yang menarik dapat menjadikan anak lebih bersemangat saat melakukan kegiatan senam irama.

 

Kata Kunci: keterampilan motorik kasar, senam irama, anak Kelompok B


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.