PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DKH (DOMINO KARTU HURUF) UNTUK STIMULASI KEMAMPUAN MENGENAL HURUF PADA ANAK USIA TK A

Yuli Astuti,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran DKH (Domino Kartu Huruf) yang layak digunakan untuk menstimulasi kemampuan mengenal huruf pada anak usia TK A. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan model Borg dan Gall. Langkah yang ditempuh, yaitu: 1) penelitian dan pengumpulan informasi, 2) perencana, 3) pengembangan format produk awal, 4) uji coba lapangan awal, 5) revisi produk utama, 6) uji coba lapangan utama, dan 7) revisi produk akhir. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket, observasi, dan wawancara. Kelayakan produk didasarkan pada penilaian ahli materi, ahli media dan anak sebagai pengguna. Data hasil angket ahli dan anak dianalisis dengan konversi skala 5. Hasil penilaian akhir dari ahli materi mendapat rerata skor 4,0 berkategori baik dan ahli media 5,0 berkategori sangat baik.  Hasil penilaian rerata skor keseluruhan pada uji coba lapangan adalah 3,9 berkategori baik. Sehingga media   DKH yang dikembangkan layak digunakan untuk menstimulasi kemampuan mengenal huruf pada anak usia TK A.

 

Kata kunci: media, media pembelajaran DKH, mengenal huruf, anak usia TK A.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.