IMPLEMENTASI PENDIKAN KECAKAPAN HIDUP DI TAMAN KANAK-KANAK (Studi Deskriptif Di TK Qatrunnada Ngestiharjo Kasihan Bantul Yogyakarta)

Dayana Zulfa Alfatika,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan kecakapan hidup pada anak usia 4-5 tahun di TK Qatrunnada Kasihan Bantul Yogyakarta. Implementasi yang dimaksud mengenai perencanaan, pelaksanaan pembelajaran kecakapan hidup, evaluasi atau penilaian, faktor penghambat, dan solusi untuk mengatasinya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah seluruh anak Tk A, guru, dan kepala sekolah. Sedang teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawncara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dan direduksi sesuai dengan teknik interaktif model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Berdasarkan hasil penelitian dapat peneliti simpulkan bahwa: 1) Guru membuat rencana pembelajaran pada saat rapat setiap awal tahun, 2) Pelaksanaan  pendidikan kecakapan hidup dibiasakan pada 10 kegiatan, 3) Penilaian yang digunakan adalah catatan anekdot, skala capaian perkembanan, dan rapot, 4) Faktor penghambat  adalah kurang koordinasi antara guru, terdapat anak inklusi, kurang adanya kerjasama dengan orang tua, 5) Solusi yang dilakukan adalah dengan dilakukan komunikasi antara orang tua dengan guru melalui buku daily record.

Kata kunci: implementasi, kecakapan hidup, anak usia 4-5 tahun


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.