KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK GUGUS I KECAMATAN SRANDAKAN KABUPATEN BANTUL

Oktarisa Prima Dhany,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui tingkat persentase kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak usia 4-5 tahun dengan indikator kemampuan menunjuk, menyebut, dan mengelompokkan bentuk  melalui kegiatan-kegiatan pengenalan bentuk yang digunakan di TK Gugus I Kecamatan Srandakan Kabupaten Bantul. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah 42 anak usia 4-5 tahun di TK Gugus I Kecamatan Srandakan Kabupaten Bantul. Objek penelitian ini yaitu kemampuan mengenal bentuk geometri. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi menggunakan lembar observasi berupa checklist, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mengenal bentuk pada anak usia 4-5 tahun di TK Gugus I Kecamatan Srandakan Kabupaten Bantul adalah 66,50%, dengan predikat baik. Pada kemampuan menunjuk bentuk sebesar 54,17% termasuk dalam predikat cukup baik. Kemampuan menyebut bentuk sebesar 59,17% dalam predikat cukup baik, dan kemampuan mengelompokkan bentuk sebesar 86,16% termasuk dalam predikat sangat baik. Terdapat faktor yang mempengaruhi kemampuan kognitif khususnya dalam kemampuan mengenal bentuk pada anak usia 4- 5 tahun di TK Gugus I Kecamatan Srandakan Kabupaten Bantul pada predikat baik yaitu motivasi belajar anak meliputi faktor psikologis dan faktor perhatian.

 

Kata kunci: kemampuan mengenal bentuk, anak TK usia 4-5 tahun.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.