MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MOZAIK PADA ANAK KELOMPOK B DI TK PANTI DEWI BERBAH SLEMAN

Amalia Ratna Sari,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan motorik halus anak melalui kegiatan mozaik pada kelompok B di TK Panti Dewi Berbah Sleman. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif dengan menggunakan model dari Kemmis dan Mc Taggart. Subjek dari penelitian semua anak dari kelompok B yang berjumlah 16 anak terdiri dari 8 anak perempuan dan 8 anak laki-laki. Objek dalam penelitian ini adalah keterampilan motorik halus anak melalui kegiatan mozaik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan motorik halus melalui kegiatan mozaik pada anak kelas B di TK Panti Dewi. Peningkatan tersebut dilihat pada saat pra tindakan keterampilan motorik halus sebesar 48%, pada siklus I meningkat sebesar 19% dari pra tindakan menjadi 67%, pada siklus II meningkat sebesar 18% dari siklus I menjadi 85%.

Kata kunci: keterampilan motorik halus, kegiatan mozaik, anak kelompok B


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.