IDENTIFIKASI KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK TK B DI KECAMATAN KRETEK BANTUL YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kondisi kemampuan membaca permulaan anak TK B di Kecamatan Kretek. Subjek penelitian ini adalah anak-anak TK B yang ada di Kecamatan Kretek. Objek penelitian ini berupa kemampuan membaca permulaan. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah dengan survei pengamatan langsung menggunakan lembar checklist. Sementara metode analisis datanya dengan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan: keempat komponen penting kemampuan membaca (kemampuan bahasa lisan, pengetahuan tentang abjad, kesadaran fonologi, dan kesadaran huruf cetak) muncul pada 179 anak atau 95,72%, sedangkan pada 8 anak atau 4,28% hanya beberapa komponen penting kemampuan membaca yang muncul, yaitu 3 anak menguasai 3 komponen penting kemampuan membaca (kemampuan bahasa lisan, pengetahuan tentang abjad, dan kesadaran huruf cetak), 3 anak menguasai komponen berkomunikasi dengan bahasa lisan, dan 2 anak menguasai 2 komponen (kemampuan bahasa lisan, dan kesadaran fonologi).
Kata kunci : kemampuan membaca permulaan, komponen, tahap
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.