PENINGKATAN KEMAMPUAN KERJA SAMA MELALUI PERMAINAN KOOPERATIF DI KELOMPOK B TK PEMBINA KECAMATAN SANDEN BANTUL
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kerja sama anak melalui permainan kooperatif di Kelompok B TK Pembina Kecamatan Sanden Bantul. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif dengan model Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilakukan di Kelompok B kelas B3 TK Pembina Kecamatan Sanden. Subjek penelitian ini berjumlah 23 anak yang terdiri dari 11 anak laki-laki dan 12 anak perempuan. Batas keberhasilan penelitian ini adalah minimal 80% anak memiliki kemampuan kerja sama berkembang sesuai harapan dan berkembang sangat baik. Teknik analisis data mengggunakan deskripsif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kerja sama anak dapat meningkat melalui permainan kooperatif, yang dilakukan melalui langkah-langkah 1) membagi anak dalam sebuah kelompok, 2) guru dan anak melakukan yel-yel, 3)guru menjelaskan langkah dan aturan dalam permainan, 4) anak mencoba permainan, 5) guru memberikan reward bagi kelompok yang selesai dan memotivasi kelompok yang belum selesai, 6) guru dan anak melakukan diskusi tentang permainan yang telah dilakukan. Peningkatan dapat dilihat dari Pra tindakan anak yang telah mencapai kriteria berkembang sesuai harapan dan berkembang sangat baik sebesar 30,43 %, meningkat pada Siklus I menjadi 65,21 %, dan meningkat menjadi 86,96 %, pada Siklus II.
Kata kunci: kemampuan kerja sama, permainan kooperatif
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.