PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAMES ROULETTE FISIKA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMA N 1 PRAMBANAN KLATEN DEVELOPMENT OF PHYSICS LEARNING MEDIA ROULETTE GAMES TO INCREASE STUDENTS MOTIVATIONS AND STUDENTS LEARNING OUCOME OF SMA N 1 PRAMBANAN KLATEN

winda raras sakti,
subroto subroto,
sumarna sumarna,

Abstract


ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan media ge-roul yang dapat digunakan untuk pembelajaran fisika pada peserta didik kelas X MIPA, (2) mengetahui peningkatan motivasi belajar fisika pada peserta didik kelas X MIPA setelah diberikan media ge-roul, dan (3)mengetahui peningkatan hasil belajar fisika pada peserta didik kelas X MIPA setelah diberikan media ge-roul.Metode pengembangan produk yang digunakan dalam penelitian ini adalah research and development (R&D) model 4-D. Adapun tahapannya adalah pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebarluasan (disseminate). Subjek penelitian terdiri atas 8 siswa kelas X MIPA 1 dan 28 siswa X MIPA 5 di SMA N 1 Prambanan Klaten. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) media ge-roul hasil pengembangan dapat digunakan dalam pembelajaran fisika materi momentum dan impuls bagi peserta didik kelas X MIPA yang berdasarkan analisis data hasil penelitian mempunyai nilai simpangan baku ideal sebesar 3,6 dengan kategori sangat baikserta berdasarkan analisis QUEST media ge-roul mempunyai kriteria valid dan cukup reliabel, (2) media ge-roul dapat digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas X MIPA dengan kategori sedang dengan kedua nilai normalized gainberada pada rentang 0,3-0,7 dan(3) media ge-roul dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X MIPA dengan kategori sedang dengan kedua nilai normalized gainberada pada rentang 0,3-0,7.
Kata kunci: Hasil belajar fisika, media ge-roul, motivasi belajar fisika.
ABSTRACT
This research aimed to (1) produced ge-roul media that can be used for physics learning in students of class X MIPA, (2) to knew the improvement of physics learning motivation in students of class X MIPA after given ge-roul media, and (3) to knew the increase of physics learning outcome in the students of class X MIPA after given ge-roul media.Product development method that used in this research is research and development (R & D) 4-D model. The stages are define, design, development, and disseminate. Research subjects consisted of 8 students of class X MIPA 1 and 28 students X MIPA 5 in SMA N 1 Prambanan Klaten. The results of this research indicate that (1) Development result of media ge-roul can be used in physics learning material momentum and impulse for class X student of MIPA which based on data analysis of research result has ideal standard deviation value 3,6 with very good category and based on the QUEST analysis of ge-roul media have valid and reliable criteria, (2) ge-roul media can be used to improve the learning motivation of MIPA class X students with medium category with both normalized gain values are in the range of 0.3-0.7 and (3) ge-roul media can be used to improve the learning outcomes of MIPA class X students with moderate categories with both normalized gain values in the range 0.3-0.7.
Key words: Result of physics study, ge-roul media, physics learning motivation.
PENDAHULUAN

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpf.v6i7.9190

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 E-Journal Pendidikan Fisika



 Our journal is indexed by:


Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215

Creative Commons LicenseJurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.