PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KUANTUM UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA 5 SMA NEGERI 4 YOGYAKARTA APPLICATION OF QUANTUM LEARNING MODEL TO INCREASE THE MOTIVATION AND LEARNING OUTCOMES OF SECOND GRADE STUDENT CLASS SCIENCE 5 OF YOGYAKARTA 4STATE SENIOR HIGH SCHOOL
Yusman Wiyatmo,
Abstract
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah: 1) mengetahui cara meningkatkan motivasi belajar siswa, 2) mengetahui cara meningkatkan penguasaan materi fisika siswa, 3) mengetahui besar peningkatan motivasi belajar dan penguasaan materi fisika siswa, dan 4) mengetahui kendala-kendala yang menghambat penerapan model pembelajaran kuantum.Instrumen pengumpulan data menggunakan soal pilihan ganda dan angket. Validitas rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) berbasis model pembelajaran kuantum dan lembar soal pilihan ganda dihitung menggunakan Content Validity Ratio (CVR) dan Content Validity Index (CVI), untuk angket motivasi belajar diadaptasi dari penelitian Tri Hayati tahun 2015. Teknik analisis data peningkatan motivasi belajar dan peningkatan penguasaan materi fisika yang digunakan pada penelitian ini adalah standar gain.Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) penerapan model pembelajaran kuantum dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, 2) penerapan model pembelajaran kuantum dapat meningkatkan penguasaan materi fisika siswa, 3) besar peningkatan motivasi belajar pada akhir siklus II mencapai nilai gain 0,37 dengan kategori sedang dan besar peningkatan penguasaan materi fisika siswa di akhir siklus II mencapai 0,87 dengan kategori tinggi, dan 4) kendala dalam penerapan model pembelajaran kuantum adalah tingkat kedisiplinan siswa terhadap waktu masih rendahdan kondisi LCD Proyektor yang tidak stabil.
Kata-kata Kunci: model pembelajaran kuantum, motivasi belajar, penguasaan materi fisika
ABSTRACT
This research aims to: 1) know how to improve student learning motivation, 2) know how to improve student physics material mastery, 3) know the increased value of learning motivation and student physics material mastery, and 4)know the obstacles that hinder the application of quantum learning model. The data collection instruments uses are multiple choice questions and questionnaires. The validity of lesson plan based on quantum learning model and multiple choice questionare calculated using Content Validity Ratio (CVR) and Content Validity Index (CVI), for questionnaire of learning motivation adapted from Tri Hayati’s research on 2015. Data analysis technique of increasing learning motivation and the improvement of mastery of the physics material used in this researchis standard gain. The results of this research indicate: 1) the application of quantum learning model can improve student's learning motivation, 2) the application of quantum learning model can increase student physics material mastery, 3) the increased value of learning motivation at the end of cycle II reach value of gain 0.37 with medium category and the increased value of student physics material mastery at the end of cycle II reaches 0.87 with high category, and 4) obstacle in applying of quantum learning model is student discipline level to time still low and condition of LCD projector is unstable.
Keywords: quantum learning model, learning motivation, physics material mastery
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpf.v6i4.7442
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 E-Journal Pendidikan Fisika
Our journal is indexed by:
Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215
Jurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |