PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN STS DALAM PENINGKATAN PENGUASAAN MATERI DAN PENCAPAIAN KERJASAMA PADA PESERTA DIDIK SMA DEVELOPMENT OF PHYSICS LEARNING DEVICE BASED ON STS MODEL TO ENHANCING MATTER COMPREHENSION AND COOPERATE ACHIEVMENT FOR SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS

Latifah Ratnaningtyas,
Rahayu Dwisiwi SR,

Abstract


Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan perangkat pembelajaran fisika berbasis model pembelajaran Science Technology Society (STS) materi pokok usaha dan energi yang layak guna peningkatan penguasaan materi dan pencapaian kerjasama. (2) Mengetahui penguasaan materi pokok usaha dan energi pada peserta didik SMA yang mengikuti pembelajaran fisika berbasis model pembelajaran STS. (3) Mengetahui pencapaian kerjasama peserta didik SMA yang mengikuti pembelajaran fisika berbasis model pembelajaran STS. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan 4D Models. Pada tahap Define, merupakan tahap awal untuk mendefinisikan permasalahan Tahap Design, merancang produk perangkat pembelajaran berupa silabus, RPP, LKPD, dan lembar penilaian. Tahap Develop, validasi draft produk oleh validator ahli–revisi, ujicoba pembelajaran–revisi. Tahap Desiminate, penyebarluasan/implementasi perangkat pembelajaran hasil pengembangan ke tiga guru di SMA N 1 Wates dan menyeminarkan pada Seminar Nasional Quantum 2016 di Universitas Ahmad Dahlan pada tanggal 18 Desember 2016. Data penelitian dijaring melalui angket, observasi, dan tes. Analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif untuk merevisi dan mengetahui kualitas perangkat pembelajaran hasil pengembangan. Validitas instrumen menggunakan Content Validity Index (CVI), reliabilitas perangkat pembelajaran menggunakan Precentage Agreement (PA). Keterlaksanaan pembelajaran menggunakan Interjudge Agreement (IJA), dan peningkatan penguasaan materi menggunakan Standar Gain. Hasil penelitian ini adalah (1) Perangkat pembelajaran fisika berbasis model pembelajaran STS materi pokok usaha dan energi layak digunakan untuk pembelajaran guna peningkatan penguasaan materi dan pencapaian sikap kerjasama. (2) Penguasaan materi pokok usaha dan energi peserta didik dalam kategori tinggi (3,33%), sedang (26,67%), dan rendah (70,00%) dan dari rata-rata pre-test post-test secara kesuluruhan tidak ada peningkatan penguasaan materi peserta didik. (3) Pencapaian sikap kerjasama dengan kriteria sangat baik (80,00%) dan baik (20,00%) dari keseluruhan peserta didik. Kata kunci: perangkat pembelajaran, model pembelajaran STS, usaha dan energi, kerjasama Abstract The research is aimed to: (1) Produce a physics learning device based on Science Technology Society (STS) model on subject matter of work and energy that is suitable to enhancing the matter of comprehension and cooperate achievement. (2) Enhancing the physics matter of SMA N 1 Wates students which follow physics learning device based on STS model. (3) Know the cooperate achievement of SMA N 1 Wates students which follow physics learning device based on STS model. The method of this research is Research & Development (R&D) with 4D Models. Define stage is initial stage to define the problem. Design stage is done by developing a preliminary design of physics physics learning device such as syllabi, RPP, LKPD, and marking sheets. Develop stage is validate the draft of product by expert validator-revision, trial learning-revision. Desiminate stage is publishing physics learning device based on STS model to three teachers at SMA N 1 Wates and publish at the National Seminar Quantum 2016 Ahmad Dahlan University on December 18, 2016. The data of this research is from queshonnaires, observations, and test. Analysis of data using qualitative and quantitative analysis to revise and know the quality of the learning instrument development results. The analyze technic of validity instrument use Content Validity Index (CVI), reliability instruments use Precentage Agreement (PA). Learning achievement use Interjudge Agreement (IJA), and the matter of comprehend enhancement use Standar Gain. The result of this research are: (1) Physics learning device based on STS model on subject matter of work and energy is suitable to enhancing matter of comprehension and cooperate achievement. (2) Matter of comprehend students on subject matter of work and energy in high categories is 3,33%, middle categories 26,67%, and low categories 70,00%. From post-test and pre-test no enhancing matter of comprehension. (3) Cooperate achievement of all students in very good criteria is 80,00% and good criteria is 20,00%. Keywords: learning instrument, Science Technology Society (STS) model, work and energy, cooperation

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpf.v6i1.6893

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 E-Journal Pendidikan Fisika



 Our journal is indexed by:


Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215

Creative Commons LicenseJurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.