Pengaruh Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Problem Solving Siswa MAN Yogyakarta 1 The Effect of Problem Based Learning (PBL) on Critical Thinking and Problem Solving Skills of MAN Yogyakarta 1Students

Arum Puri Pratamawati,
Zuhdan Kun Prasetyo,

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan berpikir kritis dan problem solvingsiswa antara yang menggunakan PBL dengan yang menggunakan model mengajar konvensional pada pembelajaran fisika materi pokok suhu dan kalor kelas X MAN Yogyakarta I.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Sampel penelitian ini adalah dua kelas. Satu kels sebagai kelas eksperimen  yang menggunakan PBL, sedangkan kelas kedua merupkan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji manova. Hasil penelitian tersebut dapat diketahui bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kritis antara pembelajaran fisika dengan PBL dan konvensional dilain pihak ada perbedaan yang signifikan kemampuan problem solving antara pembelajaran fisika menggunakan PBL dan konvensional.Dengan demikian, PBL lebih baik (efektif) digunakan untuk meningkatkankemampuan problem solving daripada model pengajaran konvensional pada pembelajaan fisika materi pokok suhu dan kalor kelas X MAN Yogyakarta I.

Kata kunci : PBL, berpikir kritis, problem solving.

 

ABSTRACT

The purpose of this research is to determine whether there is difference in the ability of critical thinking and problem solving among students between students who using PBL and conventional teaching models in teaching physics subject matter of temperature and heat class X MAN Yogyakarta I. This type of research is an experimental research. Samples were two classes. The experiment class used PBL while the second class control using conventional learning models. This hypothesis analyzed with  MANOVA test. The results of these studies can be seen that there is no significant difference between learning critical thinking skills with PBL and conventional teaching models  in physics on the other hand there is a significant difference between the learning problem solving ability using PBL and conventional teaching models in physics. Thus, PBL better (effective) is used to improve problem solving skill than the conventional teaching models in subject matter physics of temperature and heat class X MAN Yogyakarta I.

 

Key word: PBL (Problem based learning), critical thinking, problem solving

Keterangan:     1) Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika FMIPA UNY

2) Dosen Program Studi Pendidikan Fisika FMIPA UNY

3) Guru fisika MAN Yogyakarta 1


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpf.v6i1.5618

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 E-Journal Pendidikan Fisika



 Our journal is indexed by:


Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215

Creative Commons LicenseJurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.