PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE-5E TERINTEGRASI STEM BERBANTUAN LABORATORIUM VIRTUAL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR
Sukardiyono Sukardiyono, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kelayakan perangkat pembelajaran, (2) peningkatan hasil belajar peserta didik, (3) peningkatan motivasi belajar peserta didik, dan (4) efektivitas penggunaan perangkat pembelajaran model learning cycle 5E terintegrasi STEM berbantuan laboratorium virtual untuk meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar peserta didik SMA dalam mempelajari materi fisika gelombang cahaya dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Desain penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model 4D (define, design, develop, dan disseminate). Subjek pada penelitian ini yaitu kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Turi. Instrumen penelitian diantaranya: RPP, LKPD, lembar validasi, angket respon, lembar observasi RPP, dan instrumen penilaian. Teknik analisis data percentage of agreement, standar gain, IJA, uji Manova, dan uji effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) telah diperoleh perangkat pembelajaran model learning cycle 5E terintegrasi STEM berbantuan laboratorium virtual yang layak digunakan, (2) peningkatan hasil belajar berdasarkan nilai gain sebesar 0,53 dalam kategori sedang (3) peningkatan motivasi belajar berdasarkan nilai gain sebesar 0,24 dalam kategori rendah, dan (4) efektivitas penggunaan perangkat pembelajaran model learning cycle 5E terintegrasi STEM berbantuan laboratorium virtual ditunjukkan oleh nilai effect size hasil belajar sebesar 0,98 dan motivasi belajar sebesar 0,94 dalam kategori besar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al-Fatih, M., Yontino, M., Ningsih, S. R., & Hidma, C. A. (2022). Pengembangan Strategi Pembelajaran Daring untuk Mengatasi Dampak Covid-19 terhadap Proses Pembelajaran. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 732-738.
Basri, S., & Rasyid, M. N. A. (2023). EVALUASI PEMANFAATAN LABORATORIUM VIRTUAL PADA GURU SMP DALAM MGMP IPA FISIKA DENGAN MODEL CIPPO (CIPPO: Context, Input, Process, Product, Outcome). Jurnal Pendidikan Fisika, 11(2), 230-244.
Fatimah, I. (2020, March). The development of physics learning tools in vocational high schoolbased constructivism approach using learning cycle 5E model. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1481, No. 1, p. 012120). IOP Publishing.
Fuadi, M., Arsyad, M., Arafah, K., & Asriyadin, A. (2020). Pengaruh Model Learning Cycle 5E Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik SMA Negeri 2 Woha Bima. Jurnal Pendidikan Mipa, 10(2), 116-121.
Haeroni, H., Susilawati, S., & Rahayu, S. (2019). Remediasi Miskonsepsi Peserta Didik Pada Materi Optik Dengan Teknik CRI Modifikasi Melalui Model Learning Cycle 5E. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 5(1), 91-99.
Khan, K., Aurangzeb, W., & Tahir, T. (2020). Effectiveness of 5es Learning Cycle Model on Students Learning in Physics at Secondary School Level in Pakistan. Global Social Sciences Review, 1, 469-478.
Lestari, H., & Rahmawati, I. (2020). Integrated STEM through Project Based Learning and Guided Inquiry on Scientific Literacy Abilities in Terms of Self-Efficacy Levels. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 7(1), 19-32.
Primadoniati, A. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(1), 77-97.
Saputri, A. A., Sitompul, S. S., & Habellia, R. C. (2024). PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE 7E BERBANTUAN MEDIA VIRTUAL LAB DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LISTRIK DINAMIS. JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, 12(1), 55-60.
Sari, Y. I., & Kurniawati, D. (2019). Keterampilan Merancang Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Learning Cycle 5E Di MA Khairuddin Gondanglegi. Jurnal Abdimas Berdaya: Jurnal Pembelajaran, Pemberdayaan Dan Pengabdian Masyarakat, 2(02).
Senturk and Camliyer (2016). A new learning model on physical education: 5E learning cycle. Universal Journal of Educational Research, 4(1): 26-29.
Suwito, Budijanto, Handoyo, B., & Susilo, S. (2020). The Effects of 5E Learning Cycle Assisted with Spatial Based Population Geography Textbook on Students’ Achievement. International Journal of Instruction, 13(1), 315-324. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13121a.
Wati, I., & Kamila, I. (2019, February). Pentingnya guru professional dalam mendidik siswa milenial untuk menghadapi revolusi 4.0. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.
Wiriani, N. M. A., & Ardana, I. M. (2022). The impact of the 5E learning cycle model based on the STEM approach on scientific attitudes and science learning outcomes. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(2), 300-307.
DOI: https://doi.org/10.21831/jpf.v12i1.21932
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Fisika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal is indexed by:
Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215
![]() | Jurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |