Pengembangan LKPD PBL Berbasis STEM Berbantuan PhET Simulation Untuk Meningkatkan Penguasaan Materi dan Keterampilan Pemecahan Fisika Peserta Didik SMA
Yusman Wiyatmo, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan LKPD PBL berbasis STEM berbantuan PhET Simulation yang layak untuk meningkatkan penguasaan materi dan keterampilan pemecahan masalah; (2) mengetahui kepraktisan LKPD PBL Berbasis STEM Berbantuan PhET Simulation dalam meningkatkan penguasaan materi dan keterampilan pemecahan masalah; (3) mengetahui peningkatan penguasaan materi dan keterampilan pemecahan masalah setelah menggunakan LKPD PBL berbasis STEM berbantuan PhET Simulation; (4) mengetahui keefektifan LKPD PBL berbasis STEM berbantuan PhET Simulation dalam meningkatkan penguasaan materi dan keterampilan pemecahan masalah. Penelitian ini merupakan penelitian R&D dengan model 4D. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas XI MIPA SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta tahun pelajaran 2023/2024. Instrumen penelitian yang digunakan berupa LKPD PBL berbasis STEM berbantuan PhET Simulation, RPP, soal tes penguasaan materi dan keterampilan pemecahan masalah, angket respon, angket keterlaksanaan RPP, lembar penilaian kelayakan produk dan validasi instrumen. Analisis data menggunakan SBi, Aiken’s V, PA, IJA, QUEST, N-Gain, Praktikalitas, MANOVA dan effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) telah dihasilkan LKPD PBL Berbasis STEM Berbantuan PhET Simulation yang layak digunakan dalam pembelajaran fisika untuk meningkatkan penguasaan materi dan keterampilan pemecahan masalah pada materi elastisitas dan hukum Hooke; (2) LKPD PBL Berbasis STEM Berbantuan PhET Simulation sangat praktis digunakan oleh peserta didik untuk meningkatkan penguasaan materi dan keterampilan pemecahan masalah; (3) LKPD PBL Berbasis STEM Berbantuan PhET Simulation mampu meningkatkan penguasaan materi dan keterampilan pemecahan masalah fisika peserta didik; (4) LKPD PBL Berbasis STEM Berbantuan PhET Simulation dinilai efektif untuk meningkatkan penguasaan materi dan keterampilan pemecahan masalah peserta didik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahman, Ahmad, Y., & Muhammad, T. (2019). Pengaruh Pembelajaran Virtual Simulasi PheT Ditinjau dari Gender terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XI SMAN 2 Makassar. Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 1–8.
Audin, S., Sukariasih, L., & Syarifuddin. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan Model Problem Based Learning pada Materi Elastisitas dan Hukum Hooke untuk Peserta Didik SMA/MA Kelas XI. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 8(2), 90–98. https://doi.org/10.36709/jipfi.v8i2.4
Azizah, R., Yuliati, L., & Latifa, E. (2015). Kesulitan Pemecahan Masalah Fisika Pada Siswa SMA. Journal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya (JPFA), 5(2), 44–50. https://doi.org/10.1136/pgmj.53.620.343
Azizah, R., Yuliati, L., & Latifa, E. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Pembelajaran Interactive Demonstration Siswa Kelas X SMA pada Materi Kalor. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 2(2), 55–60. https://doi.org/10.29303/jpft.v2i2.289
Charli, L., Amin, A., & Agustina, D. (2018). Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Fisika pada Materi Suhu dan Kalor di Kelas X SMA Ar-Risalah Lubuklinggau Tahun Pelajaran 2016/2017. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 1(1), 42–50. https://doi.org/10.31539/joeai.v1i1.239
Charli, L., Ariani, T., & Asmara, L. (2019). Hubungan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Fisika. Science and Physics Education Journal (SPEJ), 2(2), 52–60. https://doi.org/10.31539/spej.v2i2.727
Hegde, B., & Meera, B. N. (2012). How do they solve it? An insight into the learner’s approach to the mechanism of physics problem solving. Physical Review Special Topics - Physics Education Research, 8(1), 1–9. https://doi.org/10.1103/PhysRevSTPER.8.010109
Lase, N. K., & Lase, R. K. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungan Kelas Vii Smp. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 3(2), 450–461. https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i2.1693
Makrufi, A., Hidayat, A., Muhardjito, M., & Sriwati, E. (2016). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Sisiwa pada Materi Fluida Dinamis. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(5), 332–340. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/3604
Nasir, M., Sukiman, S., & Perianto, A. (2020). Studi Pendahuluan Keterampilan Pemecahan Masalah dan Metakognisi Siswa SMA Berbasis UAPAC+SE. 5, 1–13.
Nidda, I., Taufik, M., Wahyudi, & Doyan, A. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4), 2355. https://doi.org/10.29303/jpft.v8ispecialissue.3420
Palupi, F. R., & Pujianto. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-Lkpd) Berbasis Multimedia Guna Meningkatkan Penguasaan Materi Fisika Dan Kemandirian Belajar Peserta Didik Sma. Jurusan Pendidikan Fisika, 8(3), 1–10.
Risa, E., Hakim, L., Ratnaningdyah, D., & Sulistyowati, R. (2021). Pengembangan Lkpd Berbasis Problem Solving Berbantuan Software Tracker Untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Di Sma. Jambura Physics Journal, 3(1), 42–53. https://doi.org/10.34312/jpj.v3i1.8705
Risamasu, P., & Pieter, J. (2024). Pengembangan E-LKPD Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 12(1), 443–453.
Sjahrir, A., & Jatmiko, B. (2015). Penerapan Pembelajaran dengan Model Project Based Learning Berbasis Laboratorium Virtual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Pemanasan Global. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF), 04(03), 92–96.
Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1976). Instructional development for training teachers of exceptional children: A sourcebook. In Eric. Indiana: ERIC. https://files.eric.ed.gov/fulltext/ED090725.pdf
Uzlifat, A., Mustami, M., & Karim, H. (2018). Pengembangan Penuntun Praktikum Biologi Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Kelas XI SMA. Prosiding Seminar Nasional Biologi Dan Pembelajarannya, 1–4.
Wajdi, B., Hizbi, T., & Ruh Hayati, B. D. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL). Kappa Journal, 7(3), 468–472. https://doi.org/10.29408/kpj.v7i3.24200
DOI: https://doi.org/10.21831/jpf.v12i1.21563
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Fisika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal is indexed by:
Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215
![]() | Jurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |