PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS SOFTWARE ARTICULATE STORYLINE 3 UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK SMA
Pujianto Pujianto, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia, Indonesia
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arsyad, A. (2006). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Astuti, S. P. (2015). Pengaruh kemampuan awal dan minat belajar terhadap prestasi belajar fisika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(1).
Azizah, Z., Taqwa, M. R. A., & Assalam, I. T. (2020). Analisis pemahaman konsep fisika peserta didik menggunakan instrumen berbantukan quizizz. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika, 8(2), 1-11.
Hadma Yuliani, et. al., Keterampilan Berpikir Kreatif Pada Siswa Sekolah Menengah Di Palangka Raya Menggunakan Pendekatan Saintifik. Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan, (2017), h.49.
Halimah, A. N., & Pujianto, P. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Software Articulate Storyline 3 Untuk Meningkatkan Minat Dan Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas X Sma. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(3).
Hasan, M., Milawati, M., Darodjat, D., Harahap, T. K., Tahrim, T., Anwari, A. M., ... & Indra, I. (2021). Media pembelajaran.
Husna, M. N. (2022). Tutorial pembuatan media aplikasi articulate storyline 3 untuk pembelajaran di SD. Nautical: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(2), 41-48.
Kulsum, U., & Nugroho, S. E. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep dan Komunikasi Ilmiah Siswa pada Mata Pelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Unnes, 3(2): 73- 78.
Mallu, S., & Samsuriah. (2020). Implementasi Articulate Storyline Dalam Pembuatan Bahan Ajar Digital pada STMIK Profesional Makassa. Prosiding Seminar Nasional Teknik Elektro dan Informatika (SNTEI), 102.
Mundilarto. (2002). Kapita Selekta Pendidikan Fisika. Yogyakarta: JICA FMIPA UNY.
Pane, A., & Muhammad D. D. (2017). Belajar dan Pembelajaran, Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333-352.
Pratiwi, N. K. (2015). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Perhatian Orang Tua, dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMK Keseharan di Kota Tangerang. Jurnal Pujangga, 1(2), 88-90.
Pujianto, Supardianingsih dan Risdiyani C. (2016). Buku Siswa Fisika untuk SMA/MA Kelas X. Klaten: PT Intan Pariwara.
Sari, F. A., Pratiwi, U., & Fatmaryanti, S. D. (2022). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Articulate Storyline untuk Meningkatakan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains (JIPS), 3(1), 24-32.
Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sovia, R., & Febio, J. (2017). Membangun Aplikasi E-Library Menggunakan Html, Php Script, Dan Mysql Database. Jurnal Processor, 6(2).
Syamsidar, S., Ma’ruf, & Rahmini, H. (2018). Pembelajaran Fisika Berbasis Cone of Experience Edgar Dale pada Materi Elastisitas dan Fluida Statis. Jurnal Pendidikan Fisika, 6 (1), 1-12.
Tambunan, N. (2016). Pengaruh strategi pembelajaran dan minat belajar terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(3).
Taufiq, M. 2012. Remediasi Miskonsepsi Mahapeserta didik Calon Guru Fisika pada Konsep Gaya Melalui Penerapan Model Siklus Belajar (Learning Cycle) 5E. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(2): 198-203.
Usmeldi. (2015). Efektivitas Penerapan Media Pembelajaran Interaktif dengan Software Autorun untuk Meningkatkan Kompetensi Fisika Siswa SMK Negeri 1 Padang. Utami, K., & Julianto. (2013).
Penggunaan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 1–10.
Wahyuni, S., Ridlo, Z. R., & Rina, D. N. (2022). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMP pada materi tata surya. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 6(2), 99-110.
DOI: https://doi.org/10.21831/jpf.v12i1.21317
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Fisika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal is indexed by:
Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215
![]() | Jurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |