PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS VIDEO SHORTS YOUTUBE SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMA
Pujianto Pujianto, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia, Indonesia
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Aji, S. H. (2018). Pengembangan Aplikasi Layanan Pesan Instan WhatsApp Sebagai Sumber Belajar Mandiri Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI SMAN 1 Purwokerto. Universitas Negeri Yogyakarta.
Depdiknas. (2003). Media Pembelajaran. Depdiknas.
Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Dalam Lantanida Journal (Vol. 5, Nomor 2).
Farista, R., & M, I. A. (2018). Pengembangan video pembelajaran. eprints.umsida.ac.id. http://eprints.umsida.ac.id/1267/1/ICT%20Video.pdf
Istiyono, E. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian dan Analisis Hasil Belajar Fisika Dengan Teori Tes Klasik dan Modern (2 ed.). UNY Press.
Kompri. (2016). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. PT Remaja.
Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2). https://doi.org/10.21831/JPAI.V8I2.949
Mundilarto. (2012). Penilaian Hasil Belajar Fisika. UNY Press.
nugroho, ichwan restu, & ruwanto, bambang. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Media Sosial Instagram Sebagai Sumber Belajar Mandiri Untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas XI SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(6), 460–470. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pfisika/article/view/8364
Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. FITRAH: Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman, 3(2), 333–352. https://doi.org/10.24952/FITRAH.V3I2.945
Purwanti, B. (2015). Pengembangan Media Video Pembelajaran Matematika dengan Model Assure. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, 3(1), 42–47. https://doi.org/10.22219/JKPP.V3I1.2194
Putra, G. L. A. K. (2019). Pemanfaatan Animasi Promosi dalam Media YouTube. SENADA (Seminar Nasional Manajemen, Desain dan Aplikasi Bisnis Teknologi), 2, 259–265. https://eprosiding.idbbali.ac.id/index.php/senada/article/view/147
Putrawangsa, S., & Hasanah, U. (2018). Integrasi Teknologi Digital dalam Pembelajaran di Era Industri 4.0. Jurnal Tatsqif, 16(1), 42–54. https://doi.org/10.20414/JTQ.V16I1.203
Rimbawan, E. (2021). Pengembangan Media Ajar Video YouTube Berbasis Online-Inquiry Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Aspek Kognitif. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(1). https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pfisika/article/view/17853
Riyana, C. (2007). Pedoman Pengembangan Media Video. P3AI UPI.
Sadiman, A. S., Harjito, Haryono, A., & Rahardjo, R. (2010). Media Pendidikan : Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Rajawali Pers.
Sani, A. W. F. (2022). Perlindungan Hak Cipta Terhadap Konten Creator Video Tiktok yang Diunggah Ulang Tanpa Watermark pada YouTube Shorts.
Sanjaya, W. (2010). Kurikulum dan Pembelajaran, Teori dan Praktek Pengembangan Kurikulum KTSP. Kencana.
Uno, H. B. (2014). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Bumi Aksara.
DOI: https://doi.org/10.21831/jpf.v12i1.20196
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Fisika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal is indexed by:
Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215
![]() | Jurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |