PENGEMBANGAN E-MODUL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN PHET UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS ASPEK CONTEXT DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL DAN CURIOSITY PESERTA DIDIK SMA
Sukardiyono Sukardiyono, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia, Indonesia
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Astuti, W. P., Prasetyo, A. P. B., & Rahayu, E. S. (2014). Pengembangan Instrumen Asesmen Autentik Berbasis Literasi Sains Pada Materi Sistem Ekskresi. Journal UNNES, 43(2), 94–102.
Binson, B. (2009). Curiosity Based Learning (CBL) program. US-China Education Review, 12 (6): 13-22.
Fadillah, Muhammad dan khorida, Lilif Mualifatu. 2013. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jogjakarta: Ar-ruzz Media
Ismawati. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures untuk Meningkatkan Curiosity dan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 22-27.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Jakarta. (2017). Panduan Gerakan Literasi Nasional. Panduan Gerakan Literasi Nasional, 50. https://gln.kemdikbud.go.id/glnsite/wp-content/uploads/2017/08/panduan-gln.pdf
Leny Hartati, & Farah Indrawati. (2019). Analisis Kemampuan Awal Dan Kepercayaan Diri Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 9(02), 50–63. https://doi.org/10.22437/edumatica.v9i02.7565
Mohammad Taufik. (2010). Desain Model Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran IPA (Fisika) Sekolah Menengah Pertama di Kota Bandung. Jurnal Berkala Fisika, 2, E31-E44. https://ejournal.undip.ac.id/index.php/berkala_fisika/article/view/3046
Permanasari, A. (2011). Pembelajaran Sains: Wahana potensial untuk membelajarkan soft skill dan karakter. Seminar nasional pendidikan IPA di Universitas Lampung.
Pertiwi, dkk. (2018). Pentingnya Literasi Sains Pada Pembelajaran IPA SMP Abad 21. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE), 1(1), 24–29.
Prasetyo, V.O. (2013). Upaya Meningkatkan Rasa Ingin Tahu dan Prestasi Belajar PKN Pada Materi Contoh Peraturan Perundang-Undangan Tingkat Pusat dan Daerah Melalui Model Cooperative Learning Tipe Think Pair Share di Kelas V SD Negeri 01 Karangturi. Diakses dari laman web tanggal 23 Mei 2018 dari: http://digilib.ump.ac.id/files/disk1/21/jhptump-ump-gdlolvinvidap-1026-2-babii.pdf.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung:Alfabeta cv.
Suparya, I. K., I Wayan Suastra, & Putu Arnyana, I. B. (2022). Rendahnya Literasi Sains: Faktor Penyebab Dan Alternatif Solusinya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 9(1), 153–166. https://doi.org/10.38048/jipcb.v9i1.580
DOI: https://doi.org/10.21831/jpf.v12i1.19231
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Fisika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal is indexed by:
Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215
![]() | Jurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |