PENGEMBANGAN E-MODUL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN PHET UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS ASPEK CONTEXT DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL DAN CURIOSITY PESERTA DIDIK SMA

Yessy Mustika Aulia, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia, Indonesia
Sukardiyono Sukardiyono, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk 1) Menghasilkan e-modul pbl berbantuan PhET yang layak. 2) Mendeskripsikan peningkatan literasi sains aspek context. 3) Mengungkapkan hubungan antara kemampuan awal dan curiosity dengan kemampuan literasi sains aspek context. 4) Mengetahui sumbangan kovariat. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan desain 4D Models yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate. Penelitian ini dilaksanakan di salah satu SMA yang berlokasi di Kabupaten Purworejo yang memiliki latar belakang akademik baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) e-modul pbl berbantuan PhET layak digunakan untuk meningkatkan literasi sains aspek context ditinjau dari kemampuan awal dan curiosity peserta didik SMA. 2) terdapat perbedaan signifikan kemampuan literasi sains peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. 3) kemampuan awal dan curiosity sebagai kovariat berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan literasi sains aspek konteks. 4) kemampuan awal dan rasa keingintahuan berpengaruh simultan 19,8% terhadap literasi sains. Sumbangan efektif kemampuan awal sebesar 14.4% dan rasa keingintahuan 5.4%. Sumbangan relatif kemampuan awal sebesar 72.70% dan rasa keingintahuan sebesar 27.30%.

Full Text:

PDF

References


Astuti, W. P., Prasetyo, A. P. B., & Rahayu, E. S. (2014). Pengembangan Instrumen Asesmen Autentik Berbasis Literasi Sains Pada Materi Sistem Ekskresi. Journal UNNES, 43(2), 94–102.

Binson, B. (2009). Curiosity Based Learning (CBL) program. US-China Education Review, 12 (6): 13-22.

Fadillah, Muhammad dan khorida, Lilif Mualifatu. 2013. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jogjakarta: Ar-ruzz Media

Ismawati. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures untuk Meningkatkan Curiosity dan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 22-27.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Jakarta. (2017). Panduan Gerakan Literasi Nasional. Panduan Gerakan Literasi Nasional, 50. https://gln.kemdikbud.go.id/glnsite/wp-content/uploads/2017/08/panduan-gln.pdf

Leny Hartati, & Farah Indrawati. (2019). Analisis Kemampuan Awal Dan Kepercayaan Diri Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 9(02), 50–63. https://doi.org/10.22437/edumatica.v9i02.7565

Mohammad Taufik. (2010). Desain Model Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran IPA (Fisika) Sekolah Menengah Pertama di Kota Bandung. Jurnal Berkala Fisika, 2, E31-E44. https://ejournal.undip.ac.id/index.php/berkala_fisika/article/view/3046

Permanasari, A. (2011). Pembelajaran Sains: Wahana potensial untuk membelajarkan soft skill dan karakter. Seminar nasional pendidikan IPA di Universitas Lampung.

Pertiwi, dkk. (2018). Pentingnya Literasi Sains Pada Pembelajaran IPA SMP Abad 21. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE), 1(1), 24–29.

Prasetyo, V.O. (2013). Upaya Meningkatkan Rasa Ingin Tahu dan Prestasi Belajar PKN Pada Materi Contoh Peraturan Perundang-Undangan Tingkat Pusat dan Daerah Melalui Model Cooperative Learning Tipe Think Pair Share di Kelas V SD Negeri 01 Karangturi. Diakses dari laman web tanggal 23 Mei 2018 dari: http://digilib.ump.ac.id/files/disk1/21/jhptump-ump-gdlolvinvidap-1026-2-babii.pdf.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung:Alfabeta cv.

Suparya, I. K., I Wayan Suastra, & Putu Arnyana, I. B. (2022). Rendahnya Literasi Sains: Faktor Penyebab Dan Alternatif Solusinya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 9(1), 153–166. https://doi.org/10.38048/jipcb.v9i1.580




DOI: https://doi.org/10.21831/jpf.v12i1.19231

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Our journal is indexed by:

 

Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215

Creative Commons LicenseJurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.