Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbantuan Edmodo untuk Meningkatkan Kemandirian dan Hasil Belajar Kognitif
Supahar Supahar, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Abstrak- Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berbantuan edmodo materi impuls dan momentum linear yang layak untuk meningkatkan kemandirian dan hasil belajar kognitif peserta didik SMA dan mengetahui efektivitas produk tersebut. Adapun perangkat pembelajaran yang dihasilkan meliputi RPP, LKPD, dan media pembelajaran. Desain penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan 4D models yang terdiri dari define, design, develop, dan disseminate. Analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif dengan analisis General Linear Model. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan perangkat pembelajaran berbantuan edmodo materi impuls dan momentum linear dengan model blended learning layak digunakan untuk pembelajaran dan efektif dalam meningkatkan kemandirian dan hasil belajar kognitif yang ditunjukkan dari nilai sumbangan efektif yang diperoleh sebesar 17,4% berkategori no effect untuk kemandirian dan 73,2% berkategori intermediate effect untuk hasil belajar kognitif.
Kata-Kata Kunci: perangkat pembelajaran, edmodo, blended learning, kemandirian belajar, dan hasil belajar kognitif.Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpf.v8i2.17863
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 E-Journal Pendidikan Fisika
Our journal is indexed by:
Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215
Jurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |