Pengembangan E-Module Physics In Life Berbasis SETS Untuk Meningkatkan Minat Belajar dan Penguasaan Materi

Mutia Ulfah Seftianingsih, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Supahar Supahar, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Abstrak- Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk e-module physics in life berbasis SETS berbantuan aplikasi adobe indesign yang memenuhi kriteria kelayakan dan mendeskripsikan keefektifan produk e-module physics in life berbasis SETS terhadap peningkatan minat belajar dan penguasaan materi peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model 4D. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Slogohimo dengan subjek penelitian kelas X MIPA dan XI MIPA. Analisis efektivitas produk menggunakan MANOVA dan GLM Anava. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah dihasilkan e-module  physics in  life berbasis SETS dengan materi Usaha dan Energi yang layak untuk digunakan dengan  nilai kelayakan media dan materi sebesar 3,88 dan 3,89 serta keterbacaan peserta didik sebesar 3,28. Produk efektif untuk meningkatkan minat belajar dan penguasaan materi peserta didik. Berdasarkan nilai effect size, diperoleh nilai partial eta square minat belajar kelas eksperimen sebesar 0,109 dalam kategori sedang dan penguasaan materi kelas eksperimen sebesar 0,284 dalam kategori sangat besar.

Kata-Kata Kunci: e-module, SETS, adobe indesign, minat belajar, dan penguasaan materi.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpf.v8i2.17862

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 E-Journal Pendidikan Fisika



 Our journal is indexed by:


Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215

Creative Commons LicenseJurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.