Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Augmented Reality pada Materi Pemanasan Global untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI SMA/MA
Yusman Wiyatmo, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Abstrak- Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kelayakan media pembelajaran fisika berbasis Augmented Reality pada materi pemanasan global untuk meningkatkan hasil belajar ranah kognitif peserta didik kelas XI SMA/MA dan (2) mengetahui keefektifan media pembelajaran fisika berbasis Augmented Reality pada materi pemanasan global dalam meningkatkan hasil belajar ranah kognitif peserta didik kelas XI SMA/MA. Metode penelitian yang digunakan adalah R&D dengan 4D Model’s yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa media pembelajaran fisika berbasis Augmented Reality pada materi pemanasan global untuk meningkatkan hasil belajar ranah koginitif peserta didik kelas XI SMA/MA memiliki nilai kelayakan sebesar 3,93 dengan kategori sangat baik dan nilai keefektifan dengan persentase ketuntasan yang semula 55,26% menjadi 86,84% dengan 33 peserta didik tuntas 5 peserta didik belum tuntas dari total 38 peserta didik serta hasil angket respon peserta didik dengan skor 3,09 berkategori baik dengan respon positif.
Kata Kunci: Media, Augmented Reality, Pemanasan GlobalFull Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpf.v8i2.17860
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 E-Journal Pendidikan Fisika
Our journal is indexed by:
Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215
Jurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |