PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS WEB FLIPHTML5 UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR RANAH KOGNITIF PADA TOPIK MOMENTUM DAN IMPULS KELAS X SMA DITINJAU DARI MINAT, KEMAMPUAN AWAL, DAN RESPON PEMBELAJARAN

Badrotul Ulum, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Yusman Wiyatmo, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Abstrak- Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan media pembelajaran berupa e-modul berbasis web FlipHTML5 yang layak untuk meningkatkan hasil belajar pada topik momentum dan impuls kelas X SMA, (2) mengetahui peningkatan hasil belajar pada topik momentum dan impuls kelas X SMA setelah melalui proses pembelajaran menggunakan e-modul berbasis web FlipHTML5, (3) mengetahui hubungan antara minat, kemampuan awal, dan respon pembelajaran peserta didik dengan hasil belajar pada topik momentum dan impuls kelas X SMA setelah melalui proses pembelajaran menggunakan pengembangan e-modul berbasis web FlipHTML5, (4) mengetahui sumbangan kemampuan awal sebagai prediktor yang baik bagi hasil belajar peserta didik. Desain penelitian yang digunakan adalah Research and Development 4D model. Adapun teknik analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) media pembelajaran e-modul berbasis web FlipHTML5 layak digunakan untuk meningkatkan hasil belajar ditinjau dari minat, kemampuan awal, dan respon pembelajaran, (2) terdapat peningkatan hasil belajar ditinjau dari minat, kemampuan awal, dan respon peserta didik dengan standard gain sebesar 0,72 kategori tinggi, 3) terdapat hubungan yang positif antara minat, kemampuan awal, dan respon pembelajaran peserta didik terhadap hasil belajar peserta didik, dan (4) kemampuan awal sebagai prediktor yang baik bagi hasil belajar peserta didik.

Kata-Kata Kunci: e-modul, Web FlipHTML5, hasil belajar ranah kognitif, momentum dan impuls

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpf.v8i2.17859

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 E-Journal Pendidikan Fisika



 Our journal is indexed by:


Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215

Creative Commons LicenseJurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.