PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS FISIKA PESERTA DIDIK SMA KELAS 11
Supahar Supahar, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Abstrak- Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian kemampuan literasi sains peserta didik SMA kelas 11. Literasi sains yang diteliti di dalam penelitian ini adalah literasi sains yang berada di dalam ruang lingkup fisika. Penelitian pengembangan instrumen penilaian ini menggunakan model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas 11 SMA. Instrumen yang dihasilkan adalah dalam bentuk naskah soal. Instrumen validasi dalam penelitian meliputi lembar validasi instrumen penilaian. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis dengan menentukan nilai koefisien Aiken’s V yang kemudian diuji tingkat reliabilitasnya dengan analisis Intraclass Correlation Coefficient. Hasil penelitian pengembangan yaitu: 1). validitas instrumen penilaian dinyatakan “valid” dengan nilai Aiken’s V sebesar 0,66 – 1,00. 2). Reliabilitas instrumen penilaian dinyatakan “baik” dengan analisis ICC dan nilai Cronbach’s Alpha sebesar 0,735.
Kata-kata kunci: instrumen penilaian, literasi sains, fisikaFull Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpf.v8i2.17858
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 E-Journal Pendidikan Fisika
Our journal is indexed by:
Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215
Jurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |