Pengembangan E-Modul Berbasis Aplikasi Flip Pdf Profesional untuk Meningkatkan Kemandirian dan Hasil Belajar Kognitif
Yusman Wiyatmo, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Abstrak- Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan E-Modul berbasis aplikasi Flip Pdf Profesional yang layak untuk meningkatkan kemandirian dan hasil belajar ranah kognitif peserta didik SMA pada pokok bahasan Usaha dan Energi. Desain penelitian yang digunakan adalah Research and Development 4D Models yang terdiri dari define, design, develop, dan disseminate. Adapun teknik analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan E-Modul berbasis aplikasi Flip Pdf Profesional layak digunakan untuk pembelajaran pokok bahasan Usaha dan Energi dengan nilai rata-rata sebesar 4,68 dalam kategori sangat baik, peningkatan peserta didik yang menggunakan e-modul dalam aspek kemandirian belajar termasuk kategori rendah dengan standard gain sebesar 0,158 dan hasil belajar ranah kognitif dalam kategori sedang dengan standard gain sebesar 0,50, serta e-modul efektif untuk meningkatkan kemandirian dan hasil belajar ranah kognitif peserta didik berdasarkan hasil analisis uji t pada kemandirian belajar sebesar 0,037 dan hasil belajar ranah kognitif peserta didik sebesar 0,001.
Kata-Kata Kunci: e-modul, Flip Pdf Profesional, kemandirian belajar, hasil belajar ranah kognitifFull Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpf.v8i2.17855
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 E-Journal Pendidikan Fisika
Our journal is indexed by:
Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215
Jurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |