PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN PENGUASAAN MATERI FISIKA

Nurma Kartikasari, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Rahayu Dwisiwi Sri Retnowati, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Abstrak- Penelitian ini bertujuan untuk: (1)menghasilkan media pembelajaran video yang layak pada materi Momentum dan Impuls untuk meningkatkan penguasaan materi dan kemandirian belajar, (2)mengetahui kategori peningkatan kemandirian belajar peserta didik setelah menggunakan media video dan (3)mengetahui kategori peningkatan penguasaan materi peserta didik setelah menggunakan media video. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) yang menggunakan model pengembangan 4D model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penelitian pengembangan ini telah menghasilkan produk media pembelajaran berbasis video pada materi Momentum dan Impuls untuk  meningkatkan kemandirian belajar dan penguasaan materi peserta didik SMA kelas X dengan skor kelayakan sebesar 4,62 berkategori baik, (2) Media pembelajaran berbasis video pada materi Momentum dan Impuls mampu meningkatkan kemandirian belajar peserta didik dengan skor peningkatan sebesar 0,49 berkategori sedang, (3) Media pembelajaran berbasis video pada materi Momentum dan Impuls mampu meningkatkan penguasaan materi peserta didik dengan skor peningkatan sebesar 0,72 berkategori tinggi.

Kata kunci: Media pembelajaran video, Kemandirian Belajar, Penguasaan Materi Fisika

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpf.v8i1.17854

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 E-Journal Pendidikan Fisika



 Our journal is indexed by:


Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215

Creative Commons LicenseJurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.