PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN PENGUASAAN MATERI FISIKA
Rahayu Dwisiwi Sri Retnowati, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Abstrak- Penelitian ini bertujuan untuk: (1)menghasilkan media pembelajaran video yang layak pada materi Momentum dan Impuls untuk meningkatkan penguasaan materi dan kemandirian belajar, (2)mengetahui kategori peningkatan kemandirian belajar peserta didik setelah menggunakan media video dan (3)mengetahui kategori peningkatan penguasaan materi peserta didik setelah menggunakan media video. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) yang menggunakan model pengembangan 4D model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penelitian pengembangan ini telah menghasilkan produk media pembelajaran berbasis video pada materi Momentum dan Impuls untuk meningkatkan kemandirian belajar dan penguasaan materi peserta didik SMA kelas X dengan skor kelayakan sebesar 4,62 berkategori baik, (2) Media pembelajaran berbasis video pada materi Momentum dan Impuls mampu meningkatkan kemandirian belajar peserta didik dengan skor peningkatan sebesar 0,49 berkategori sedang, (3) Media pembelajaran berbasis video pada materi Momentum dan Impuls mampu meningkatkan penguasaan materi peserta didik dengan skor peningkatan sebesar 0,72 berkategori tinggi.
Kata kunci: Media pembelajaran video, Kemandirian Belajar, Penguasaan Materi FisikaFull Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpf.v8i1.17854
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 E-Journal Pendidikan Fisika
Our journal is indexed by:
Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215
Jurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |