Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model e - PjBL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Ditinjau dari Kemampuan Awal pada Materi Gerak Parabola
Rahayu Dwisiwi Sri Retnowati, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Abstrak-Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh perangkat pembelajaran fisika yang memenuhi kriteria layak dalam meningkatkan hasil belajar kognitif ditinjau dari kemampuan awal peserta didik pada pembelajaran fisika materi gerak parabola secara daring, mengetahui kemampuan awal sebagai prediktor yang baik dalam meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik, serta mengetahui kontribusi kemampuan awal terhadap hasil belajar kognitif peserta didik menggunakan model e-PjBL pada materi gerak parabola. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan dengan model 4D yang berorientasi pada pengembangan perangkat pembelajaran berbasis e-PjBL berupa silabus, RPP dan handout dengan melibatkan 42 peserta didik kelas X MIPA di SMA Negeri 1 Rembang. Adapun hasil penelitian ini adalah: diperoleh perangkat pembelajaran fisika dengan kriteria layak untuk meningkatkan hasil belajar kognitif ditinjau dari kemampuan awal peserta didik secara daring, koefisien korelasi yang diperoleh bernilai 0,344 (positif) dapat dikatakan bahwa kemampuan awal merupakan prediktor yang baik dalam meninjau hasil belajar kognitif peserta didik dengan kontribusi sebesar 12%.
Kata-Kata Kunci: perangkat pembelajaran, e-PjBL, kemampuan awal, peserta didik, hasil belajar kognitifFull Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpf.v8i1.17851
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 E-Journal Pendidikan Fisika
Our journal is indexed by:
Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215
Jurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |