Survei Kendala dan Dampak Pembelajaran Fisika Online di Tengah Pandemi Covid-19 di SMA/MA N Wilayah Kecamatan Wates

Nabila Naila Zulfa, Universitas Negeri Yogyakarta
Rahayu Dwisiwi Sri Retnowati, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kendala dan dampak yang dirasakan oleh pendidik dan peserta didik selama mengikuti pembelajaran fisika online.  Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif dengan metode pengumpulan data menggunakan survei dan wawancara. Jika dilihat dari pendekatannya, penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan skala pengukuran rating scale dan didukung oleh pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik mengalami kendala berupa biaya internet yang mahal, hilangnya emosi interaksi antara peserta didik maupun dengan pendidik, kesulitan memahami materi fisika dengan metode pembelajaran online yang dipilih pendidik. Sedangkan dampak yang dirasakan peserta didik berupa penurunan motivasi belajar dan perubahan karakter pada peserta didik. Pendidik juga merasakan adanya kendala berupa kesulitan menentukan metode pembelajaran fisika online dan kesulitan menilai karakter peserta didik. Sedangkan dampak yang dirasakan pendidik yaitu kejenuhan dalam mengajar. Namun disamping itu, pendidik merasakan dampak positif berupa peningkatan penguasaan IT dalam pembelajaran.

Kata kunci: pembelajaran online, kendala, dampak

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpf.v8i1.17845

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 E-Journal Pendidikan Fisika



 Our journal is indexed by:


Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215

Creative Commons LicenseJurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.