Pengembangan E-modul Fisika Berbasis Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMA
Agus Setyo Budi, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia, Indonesia
I Made Astra, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia, Indonesia
Sunaryo Sunaryo, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia, Indonesia
Raihanati Raihanati, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia, Indonesia
Cecep Rahmat, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa e-modul berbasis Problem Based Learning (PBL) dengan materi suhu dan kalor.. Metodologi yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development), dengan model pengembangan ADDIE. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket yang ditujukan untuk validator ahli materi, media dan ahli pembelajar. Hasil validitas media yang dikembangkan dihitung dengan menggunakan rumus prosentase skor dan diinterpretasikan sesuai dengan interpretasi skala likert. E-modul yang dikembangkan dengan menggunakan tahapan-tahapan seperti pada model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Hal ini untuk memudahkan siswa untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang berkaitan dengan konsep fisika.. Setelah dilakukan validasi pada media pembelajaran didapatkan hasil skor rata-rata keseluruhan aspek oleh ahli materi sebesar 81.53 %, oleh ahli media sebesar 75.78%, dan skor rata-rata keseluruhan aspek oleh ahli pembelajar sebesar 94,36 %. Berdasarkan penilaian oleh ahli materi, ahli media dan ahli pembelajar tersebut dapat menunjukkan bahwa media pembelajaran ini ditinjau dari beberapa indikator yang yang digunakan untuk validasi memiliki kriteria sangat baik. Kemudian setelah diujicobakan kepada siswa diperoleh hasil skor rata-rata keseluruhan aspek sebesar 85.06 %, sehingga dapat dikatakan bahwa e-modul ini ditinjau dari indikator yang yang digunakan untuk uji coba memiliki kriteria sangat baik dan layak digunakan sebagai bahan ajar pembelajaran.
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Y. (2014). Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT. Refika Aditama.
Amir, M. T. (2009). Inovasi Guruan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: PT. Adhitya Andrebina Agung.
Amri, S. (2013). Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.
Arikunto, S. (2007). Prosedur Penelitian: suatu pendekatan praktik (Edisiketiga). Jakarta: Rineka Cipta
Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Fathutrrohman, M. (2015). Model-model Pembelajaran Inovatif. Jogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Fraenkel, J. R. How to Design and Evaluate Research in Education. Bandung: Elvira CV.
Hake, R. R. (1997). Analyzing Change/Gain Scores. Dept. of Physics, Indiana University , 1-4.
Hamalik, O. (2004). Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Sinar Grafika Offset
Hamzah B. Uno, N. M. (2011). Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: Bumi Aksara.
HM. Musfiqon. (2012). Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: PT. Prestasi Pustakarya.
Indrawati. (2000). Ketrampilan Proses Sains: Tinjauan Kritis dari Teori ke Praktis. Bandung : P3GIPA
Mulyatiningsih, E. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran. Yogyakarta: UNY.
Munaf, S. (2001). Evaluasi Pendidikan Fisika. Malang: Jurusan Pendidikan Fisika FPMIPA UPI.
Ngalimun. (2016). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Nugroho, I. A. (2016). Pendekatan Ilmiah Dalam Pembelajaran Lintas Kurikulum Di Sekolah Dasar. E-book University.
Pribadi, B. A. (2009). Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.
Richard I Arends, (1989) Learning to teach. Singapore: Mc Graw Hill
Rusmono. (2012). Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning itu Perlu. Bogor: Ghalia Indonesia.
Rustaman, N .Y (1995). Pengembangan Butir Soal Keterampilan Proses, makalah disusun untuk keperluan terbatas di lingkungan IKIP Bandung
Sani, R. A. (2015). Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
Semiawan, C. (1986). Pendekatan Keterampilan Proses. Jakarta: PT. Gramedia.
Sugiyono. (2011). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Suryana, D. (2012). Mengenal Teknologi. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Widodo, C. S. (2008). Panduan Menyusun Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Jakarta: Gramedia.
DOI: https://doi.org/10.21831/jpf.v12i1.10790
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 E-Journal Pendidikan Fisika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal is indexed by:
Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215
![]() | Jurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |