PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS VIDEO SHORTS YOUTUBE SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMA

Bahruddiin Alfain, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia, Indonesia
Pujianto Pujianto, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran fisika berbasis video shorts YouTube yang layak digunakan sebagai sumber belajar mandiri, mengetahui kategori peningkatan motivasi belajar peserta didik setelah menggunakan media pembelajaran fisika berbasis video shorts YouTube sebagai sumber belajar mandiri, dan mengetahui kategori peningkatan hasil belajar peserta didik setelah menggunakan media pembelajaran fisika berbasis video shorts YouTube sebagai sumber belajar mandiri. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D). Penelitian ini mengadaptasi model 4D yang terdiri dari tahap define, design, development, dan disseminate. Teknik pengumpulan data menggunakan metode non tes berupa angket dan observasi, serta metode tes berupa pretest dan posttest. Teknik analisis data menggunakan standar baku ideal, Aiken’s V, standar gain, dan independent sample t-test. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran fisika berbasis video shorts YouTube layak digunakan sebagai sumber belajar mandiri, media pembelajaran fisika berbasis video shorts YouTube sebagai sumber belajar mandiri dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik SMA dengan kategori sedang, dan media pembelajaran fisika berbasis video shorts YouTube sebagai sumber belajar mandiri dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik SMA pada dengan kategori sedang.

Full Text:

PDF

References


Aji, S. H. (2018). Pengembangan Aplikasi Layanan Pesan Instan WhatsApp Sebagai Sumber Belajar Mandiri Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI SMAN 1 Purwokerto. Universitas Negeri Yogyakarta.

Depdiknas. (2003). Media Pembelajaran. Depdiknas.

Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Dalam Lantanida Journal (Vol. 5, Nomor 2).

Farista, R., & M, I. A. (2018). Pengembangan video pembelajaran. eprints.umsida.ac.id. http://eprints.umsida.ac.id/1267/1/ICT%20Video.pdf

Istiyono, E. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian dan Analisis Hasil Belajar Fisika Dengan Teori Tes Klasik dan Modern (2 ed.). UNY Press.

Kompri. (2016). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. PT Remaja.

Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2). https://doi.org/10.21831/JPAI.V8I2.949

Mundilarto. (2012). Penilaian Hasil Belajar Fisika. UNY Press.

nugroho, ichwan restu, & ruwanto, bambang. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Media Sosial Instagram Sebagai Sumber Belajar Mandiri Untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas XI SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(6), 460–470. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pfisika/article/view/8364

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. FITRAH: Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman, 3(2), 333–352. https://doi.org/10.24952/FITRAH.V3I2.945

Purwanti, B. (2015). Pengembangan Media Video Pembelajaran Matematika dengan Model Assure. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, 3(1), 42–47. https://doi.org/10.22219/JKPP.V3I1.2194

Putra, G. L. A. K. (2019). Pemanfaatan Animasi Promosi dalam Media YouTube. SENADA (Seminar Nasional Manajemen, Desain dan Aplikasi Bisnis Teknologi), 2, 259–265. https://eprosiding.idbbali.ac.id/index.php/senada/article/view/147

Putrawangsa, S., & Hasanah, U. (2018). Integrasi Teknologi Digital dalam Pembelajaran di Era Industri 4.0. Jurnal Tatsqif, 16(1), 42–54. https://doi.org/10.20414/JTQ.V16I1.203

Rimbawan, E. (2021). Pengembangan Media Ajar Video YouTube Berbasis Online-Inquiry Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Aspek Kognitif. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(1). https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pfisika/article/view/17853

Riyana, C. (2007). Pedoman Pengembangan Media Video. P3AI UPI.

Sadiman, A. S., Harjito, Haryono, A., & Rahardjo, R. (2010). Media Pendidikan : Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Rajawali Pers.

Sani, A. W. F. (2022). Perlindungan Hak Cipta Terhadap Konten Creator Video Tiktok yang Diunggah Ulang Tanpa Watermark pada YouTube Shorts.

Sanjaya, W. (2010). Kurikulum dan Pembelajaran, Teori dan Praktek Pengembangan Kurikulum KTSP. Kencana.

Uno, H. B. (2014). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpf.v12i1.20196

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Our journal is indexed by:

 

Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215

Creative Commons LicenseJurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.