EVALUASI KINERJA GURU PAI DAN BUDI PEKERTI DI SMP N KABUPATEN KLATEN YANG MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM 2013

Lisa Handayani, Badrun Kartowagiran

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti (BP) di SMPN Kabupaten Klaten yang Mengimplementasikan Kurikulum 2013 berdasarkan tugas utama guru. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan menggunakan model evaluasi discrepancy. Subjek penelitian ini adalah guru PAI dan BP di SMPN Kabupaten Klaten yang mengimplementasikan Kurikulum 2013. Sumber informasi adalah 6 kepala sekolah, 12 rekan sejawat, dan 297 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan menggunakan lembar penilaian kinerja, angket, pedoman wawancara, dan daftar dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif dan statistik inferensial Manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja guru PAI dan BP di SMPN Kabupaten Klaten yang mengimplementasikan Kurikulum 2013 berdasarkan tugas utama termasuk dalam kategori baik. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa ada perbedaan rerata skor kinerja guru pada tugas utama (mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, serta menilai dan mengevaluasi) antara hasil penilaian kepala sekolah, rekan sejawat, dan peserta didik. Kepala sekolah memberikan nilai paling tinggi dibandingkan dengan penilai lainnya pada seluruh tugas utama.

Keywords


evaluasi; kinerja guru; kurikulum 2013.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



e-ISSN: 2443-1958

Creative Commons License
Jurnal Evaluasi Pendidikan by http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jep is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Journal Stats